Komentar Pembaca Blog (7)

Komentar Pembaca Blog Adhi Ksp (7)

Pengantar
Berikut ini komentar, saran, kritik dan permintaan bantuan dari pembaca blog ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu singgah di blog ini dan membaca isi blog ini. Salam hangat, Adhi Ksp

(1) Widi
Salam kenal. Weblognya sangat menarik…cheers. www.serpong.org
Widiatmoko, widiatmoko@gmail.com

Catatan
Dear Widi, salam kenal kembali. Terima kasih telah membaca blog saya. Semoga blog ini bermanfaat bagi Anda dan para pembaca lainnya. (KSP)

(2) Eko Diemus
Dear Mr. Adhi,
Perkenalkan nama saya Eko, mahasiswa semester VIII jurusan Planologi Universitas Brawijaya Malang. Saya berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Saat ini saya sedang menyusun proposal tugas akhir, dan salah satu judul yang saya ajukan adalah ‘Pengembangan Kawasan Sentra Industri Keramik Singkawang’.
Terkait judul tersebut saya membutuhkan banyak sekali data kuantitatif mengenai industri keramik Singkawang. Namun, keterbatasan biaya transportasi menyebabkansaya kesulitan untuk kembali ke KalBar dan mencari data sendiri untuk tahap proposal.
Karenanya, saya menghubungi pihak-pihak yang pernah terkait denganpara pengrajin keramik Singkawang, termasuk Anda, dengan harapan Anda berbaik hati untuk berbagi data-data yang pernah Anda peroleh mengenai industri keramik Singkawang.
Segala bantuan yang Anda berikan, besar artinya bagisaya.
Terima kasih,
Damasus Ekodimus, eko_planoub@yahoo.com

Catatan:
Dear Eko, saya sudah lama meninggalkan Kalimantan Barat. Saya bertugas di Kalbar (1997-1999). Karena itu saya tidak punya data terbaru tentang keramik Singkawang. Dalam artikel tentang keramik Singkawang di blog ini, saya cantumkan alamat URL yang bisa Anda singgahi, yang memuat penelitian Naniek H Wibisono dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional. Alamatnya http://www.budpar.go.id/filedata/959_160-ProdukSingkawang1.pdf. Mudah-mudahan ada manfaatnya dan membantu tugas akhir Anda di Universitas Brawijaya Malang. Sukses selalu! (KSP)

(3) Shinta
Saya tertarik bergabung dengan CMCI. Bagaimana caranya Mas Adhi?
Shinta

Catatan:
Dear Shinta, jika Anda tertarik bergabung dengan CMCI atau Country Music Club of Indonesia, Anda bisa menghubungi Lia Uray di nomor ponselnya 08129488332 atau SMS hotline CMCI 08121112624. Silakan daftarkan diri Anda dan bergabung dengan komunitas penikmat musik country. (KSP)

(4) Didit
Saya suka tulisan Anda, mengalir, enak dibaca. Bgm agar bisa menulis seperti Pak Adhi?
Didit

Catatan
Dear Didit, terima kasih atas komentar Anda. Saya menulis sejak masih duduk di bangku SMP dengan menulis catatan harian. Di SMA Xaverius I Palembang, saya aktif mengelola majalah sekolah, Majalah Gita namanya. Beberapa kali saya mendapat penghargaan dalam lomba menulis. Saya kira, kebiasaan membaca sejak usia dini dikombinasi dengan kebiasaan menulis, akan membuat kita mudah menulis, mengarang dan sejenisnya. Sampai sekarang pun, saya tetap menulis. Anda belum terlambat memulai. Cobalah menulis di blog seperti ini setiap hari tentang apa saja. Saya yakin secara bertahap, Anda akan merasakan nikmatnya menulis itu. Selamat mencoba! (KSP)

(5) Albert
Dear friend, dalam Kolom Blog Adhi Ksp, Anda menulis pernyataan Bill Gates yang menyebutkan di masa depan, industri media cetak akan menghadapi problem serius akibat revolusi digital. Ini menarik. Bagaimana nasib industri media cetak di Indonesia pada dua atau tiga dekade mendatang? Akan matikah?
Albert

Dear Albert, Anda tinggal di mana? Indonesia atau luar Indonesia? Ya, pernyataan Bill Gates itu saya kutip dari internet dan dinyatakan belum lama ini. Revolusi digital memang telah mengubah hidup manusia. Dalam Kolom Blog Adhi Ksp, saya sudah menulis tren digital sudah mengglobal. Industri ponsel berlomba-lomba menciptakan produk baru, di mana orang bisa baca koran online lewat ponsel, nonton TV lewat ponsel, juga membaca dan mengirim e-mail lewat ponsel, apalagi mendengar radio. Sekarang ada kecenderungan koran dibagikan gratis (free newspaper). Di Amerika, di Eropa, di beberapa negara di Asia sudah ada yang membagikan koran gratis. Masa depan industri media cetak di masa depan suram? Mungkin bisa terjadi demikian. Tiras koran tidak naik, cenderung stabil bahkan turun. Kita tunggu saja! (KSP)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s