Mobil-mobil Sewaan Laris Dipesan

KOMPAS
Selasa, 16 September 2008
Metropolitan

Musim mudik sudah tiba. Sejumlah penyewaan mobil mulai menangguk rezeki. Banyak warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang bepergian ke kampung halaman menggunakan mobil sewaan.

Menyewa mobil dianggap lebih praktis dan aman jika dibandingkan naik kereta api atau naik bus yang cenderung tidak teratur. Selain itu, pemudik dengan keluarga besar lebih suka menyewa mobil.

Acara mudik bareng yang diadakan sejumlah perusahaan ternyata ikut mendongkrak pemesanan mobil-mobil sewaan di sejumlah penyewaan mobil (rent car).

Mobil sewaan yang banyak dipilih adalah Toyota Avanza. Hal itu terungkap dalam wawancara Kompas dengan sejumlah perusahaan penyewaan mobil. Di Trac, perusahaan yang berinduk pada Toyota, misalnya, sebagian besar penyewa memilih Avanza. Selain tarif sewanya relatif lebih murah, mobil tersebut irit bahan bakar.

Olive, Customer Sales Office Trac Sudirman, mengatakan, dari stok 200 mobil berbagai jenis di tempat itu, sebagian besar yang dipilih adalah Avanza.

Harga paket sewa Avanza selama empat hari Rp 1,8 juta. Jika Avanza disewa selama tujuh hari, tarifnya Rp 3 juta, dan jika disewa 10 hari, tarifnya Rp 4,1 juta. Itu semua belum termasuk sopir dan pajak. Tarif sopir per hari Rp 539.000.

Trac mewajibkan penyewa menyertakan sopir karena perusahaan itu membutuhkan jaminan atas mobil-mobil yang mereka sewakan kepada masyarakat umum. ”Jika penyewa adalah karyawan Toyota atau dari perusahaan yang menggelar mudik bareng, atau mereka yang sedang memperbaiki kendaraannya di Auto 2000, mereka tidak diwajibkan menyewa sopir. Tinggal lepas kunci,” kata Olive.

Trac juga menyediakan mobil sewaan lainnya, seperti Rush, Innova, Vios, Altis, Camry, dan Alphard, dengan tarif sewa bervariasi.

Penyewa Innova, misalnya, harus mengeluarkan Rp 2,8 juta untuk sewa selama empat hari. Penyewa Camry harus membayar Rp 5,8 juta dan penyewa Alphard Rp 8,5 juta, masing-masing untuk sewa empat hari. Makin mewah mobil, tarif sewa memang makin mahal.

Stok habis

”Stok kami sudah habis saat ini. Mobil-mobil kami sudah dipesan sejak jauh hari oleh sejumlah perusahaan yang menggelar acara mudik bareng, seperti Telkomsel, Matahari, dan Sariwangi,” ungkap Olive.

Perusahaan penyewaan mobil lainnya, Indorent Jakarta yang berinduk pada PT Indomobil, menyewakan mobil-mobil keluarga seperti Toyota Innova dan Avanza, Nissan Serena, Suzuki APV, dan Toyota Kijang tahun lama.

”Banyak mobil sewa Indorent yang sudah dipesan perusahaan event organizer (EO) yang menggelar mudik bareng Telkomsel. EO itu memesan mobil Indorent sejak Mei lalu,” kata Eva, anggota staf Indorent.

Penyewa Toyota Avanza perlu mengeluarkan Rp 1,4 juta untuk sewa selama tujuh hari, Toyota Kijang Innova Rp 3,84 juta, Nissan Serena Rp 5,2 juta, Suzuki APV Rp 2,8 juta, semuanya untuk sewa minimal tujuh hari, tanpa sopir dan bahan bakar minyak.

Perusahaan sewa mobil di Serpong, Tangerang, juga menangguk rezeki pada musim mudik ini. Pemilik PT Rejang Maju Mandiri, Mia, menuturkan, perusahaannya menawarkan paket seharga Rp 900.000 per hari, sudah termasuk sopir dan BBM, untuk kendaraan Isuzu Panther dan Nissan Livina.

Ke Jateng dan Yogyakarta

”Sudah banyak yang memesan dalam dua pekan terakhir ini. Umumnya mudik ke kampung halaman di kota-kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta,” kata Mia.

Sementara Anna dari A & A Rent Car di Serpong mengatakan, perusahaannya menawarkan paket Rp 500.000 per hari, tanpa BBM dan sopir, minimal sewa empat hari. Mobil-mobil yang disediakan untuk pemudik adalah Panther, Avanza, dan APV karena mobil-mobil itu mampu mengangkut cukup banyak penumpang dan irit BBM.

”Sejak awal bulan Ramadhan sudah banyak yang memesan mobil untuk mudik ke Jateng, Yogyakarta, dan Jabar,” kata Anna.

Nah, Anda sudah siap mudik dengan mobil sewaan? (R ADHI KUSUMAPUTRA)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s