Kolom Blog Adhi Ksp: Percantik Blog dengan Pernak-Pernik


Kolom Blog Adhi Ksp


Percantik Blog dengan Pernak-Pernik

* Pengunjung Blog Ini Capai 400.000 dari 152 Negara
SEBETULNYA sejak satu setengah tahun lalu saya sudah mengajak teman-teman saya untuk ngeblog. Pada waktu itu, awal Januari 2007, saya mulai menulis di blog http://adhikusumaputra.blogspot.com ini. Pada awalnya saya bertujuan mengumpulkan tulisan-tulisan saya di Kompas dan menjadikan blog ini sebagai kliping online. Dalam perjalanannya, ada usul dari teman-teman, sebaiknya, blog ini juga berisi pendapat dan komentar tentang berbagai topik .

Saya selalu merespon usul dan kritik para sahabat. Saya pun membuat “Kolom Blog Adhi Ksp” yang isinya khusus mengenai berbagai pendapat saya. Ternyata memiliki blog dan menulis di blog, memberi saya kepuasan tersendiri. Bukan karena jumlah pengunjung blog ini terus meningkat, akan tetapi juga ini menjadi “saluran” bagi saya untuk menulis bebas tanpa batas. 

Pada 18 Juli 2007, jumlah pengunjung blog ini tercatat 134.002 dari 130 negara. Delapan bulan kemudian, pada 2 Maret 2008, jumlah pengunjung blog mencapai 277.138 dari 146 negara. Dan enam bulan kemudian, pada 24 September 2008, blog ini dikunjungi 400.000 orang dari 152 negara. Catatan mengenai perkembangan blog, dapat dibaca pula di sini. Blog ini juga mendapat penghargaan dari Maverick Indonesia sebagai Lima Blog Terbaik di Indonesia Tahun 2008. 

Pada awalnya, ketika saya mengajak teman-teman agar aktif menulis di blog, saya pernah di-omeli, “huh dasar narsis!”. Tetapi saya ingin sampaikan kepada Anda bahwa saya merupakan satu dari lebih dari 200 juta blogger di dunia yang “narsis”. Menurut BBC, dalam satu detik, lahir satu blog baru di seluruh dunia. Jadi bayangkan, blog memang makin mewabah. Dan satu setengah tahun setelah “omelan tentang narsis” itu, kini banyak sahabat saya yang mulai menyadari asyiknya memiliki dan menulis di blog, termasuk “si pengomel” tadi tentunya. Memang dibutuhkan proses waktu untuk membuktikan bahwa blog menjadi “sahabat” kita.

Nah, blog bukan sekadar berisi tulisan, laporan, pendapat. Wajah blog harus menarik agar banyak orang datang berkunjung. Saya menambahkan alat penghitung NeoCounter pada blog ini tiga bulan setelah blog ini hadir. Tapi selain itu, pernak-pernik lainnya terus saya tambahkan. Dan beberapa pekan terakhir ini, saya memasukkan sejumlah pernak-pernik agar blog ini makin meriah.

Pertama, saya masukkan “daily literary quote”, lalu ada pula “quote of the day”, “leadership tip of the day”, dan juga “love quote of the day” dan “simple inspiration”. Kutipan kata-kata ini sengaja dipajang di blog ini untuk memberi semangat kepada saya dan Anda semua para pembaca yang berkunjung ke blog ini. 

“May you love as long as you live and live as long as you love”Robert Heinlein. Atau cernalah juga kata-kata ini Jingshen is 
the Mandarin word for spirit and vivacity. It is an important word for those who would lead, because above all things, spirit and vivacity set effective organizations apart from those that will decline and die. ~ James L. Hayes

Lalu ada “Currency Converter” yang memudahkan kita semua mengkonversi nilai mata uang dalam kondisi terkini. Saya juga menambahkan widget lain seperti “Investmen Indices” yang memudahkan kita memantau perkembangan nilai saham di bursa dunia. 

Nah, bagi penggemar musik, Anda dapat mengecek dan mencari lagu dari nama artis dan nama lagu lewat Google Search Music. Bukan hanya itu, Anda pun dapat mencari lirik lagu yang dihendaki dari sejumlah situs penyedia lirik lagu. 

Anda juga dapat mengikuti perkembangan berita dunia dari BBC News dan The New York Times. Anda dapat membaca ringkasan berita-berita dunia terkini pada saat Anda masuk ke blog ini.

Nah, jika Anda penggemar berita-berita teknologi, Anda pun dapat melihat video Technology News dari berbagai sumber mulai dari BBC sampai Associated Press. Anda dapat pula melihat foto-foto alam nan indah yang dikeluarkan National Geographic. 

Masih seputar foto, jika Anda memiliki jiwa romantis, jangan lupa lihat foto “Love Picture of The Day”, setidaknya untuk tetap mengasah rasa cinta Anda pada orang yang dikasihi dan disayangi.

Bagi Anda penggemar film, jangan lewatkan pula mengikuti “Romantic Movie of The Day”. Poster-poster film drama cinta yang romantik, selalu dapat dilihat di blog ini. Anda juga dapat mengikuti perkembangan “Top 5 Movies at The Box Office” dan membaca review film-film terkini yang diputar di bioskop-bioskop di dunia dalam “Film Reviews”. 

Jika Anda ingin mencari sesuatu, tak perlu keluar dari blog ini. Sebab ada Google Search, Google Book Search, dan juga Dictionary. Dalam “Dictionary”, Anda dapat mengecek kata-kata lewat Dictionary.com, Wordweb, Cambridge, dan Etymology. Ini dalam kelompok “Dictionaries”. Dalam kelompok “New”, Anda dapat menelusuri Knol dan Cuil. Dalam kelompok “Wiki”, Anda dapat menyusuri Wikipedia, Wikionary dan Wikia. Sedangkan dalam kelompok “Google”, Anda juga bisa mengecek Maps, Images, News, Books, iG Gadgets dan iG themes. 

Dalam kaitan dengan bahasa, Anda dapat mencari terjemahan kata-kata dalam 22 bahasa lewat Google Translate. Jika ingin memperdalam bahasa Inggris ada “Online English Grammar”. 

Anda juga bisa mengetahui alamat Internet Protocol (IP) Anda. Widget sebelumnya saya ambil dari IP2Location.com. Sekarang saya tambahkan Geo IP Tool dari Google, yang memudahkan kita tahu posisi alamat IP. 

Bagi Anda yang ingin tahu berita terkini lokasi gempa terakhir yang terjadi di dunia, Anda bisa cek Earthquake Watch. Di sini Anda bisa cek lokasi gempa yang terjadi terakhir dan gempa terbesar yang terjadi belum lama ini. Bukan hanya itu, Anda pun dapat mengetahui secara lengkap, posisi dan peta lokasi. Tak bakalan rugi jika Anda selalu mengecek ini. 

Nah, agar Anda tak lelah, Anda pun dapat bermain “Pacman” dari blog ini. Iseng-iseng mengisi waktu agar tidak terlalu jenuh jika Anda menelusuri isi blog ini.  Anda juga bisa melihat foto-foto pemandangan di dunia dari “Places to See”, tempat-tempat yang perlu Anda lihat dan datangi karena keindahan dan keunikannya. 

Jika Anda blogger sejati, mari kita buat blog kita menjadi menarik. Bukan hanya dari sisi content, isi yang memikat, tetapi juga dari sisi perwajahannya. Tetaplah terus ngeblog dan jangan pernah bosan!

Serpong, 24 September 2008

Tinggalkan Balasan

