Otomotif: Mudik dengan Panduan GPS Ponsel


KOMPAS
Selasa, 16 September 2008
Otomotif

Ke mana Anda pada liburan Lebaran nanti? Jika Anda membawa kendaraan sendiri, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan teknologi global positioning system atau GPS yang terpasang di sejumlah telepon seluler pintar.

Salah satu ponsel pintar yang memiliki fasilitas GPS adalah Nokia E71. Dengan teknologi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi dan rute menuju restoran, ATM, bank, kantor pos, stasiun kereta api, transportasi umum, bandara, tempat mengopi, bioskop, stasiun pengisian bahan bakar umum, bengkel, tempat sewa mobil, dan sebagainya.

Seperti halnya peralatan GPS yang terpasang pada kendaraan ataupun GPS yang mobile, GPS pada Nokia E71 akan memandu perjalanan Anda menuju lokasi yang diinginkan. Misalnya, Anda akan diminta berbelok ke kanan dalam jarak 200 meter ke depan, atau berbelok ke kiri dalam jarak 500 meter ke depan.

Kompas mencoba GPS Nokia E71 saat perjalanan Suzuki Merah Putih di Yogyakarta pekan lalu. Saat itu mobil yang kami kendarai tertinggal dari rombongan karena harus mengisi bahan bakar lebih dahulu. Namun, perjalanan menuju lereng Merapi tidak terhambat meskipun sebenarnya kami tidak paham rute menuju ke lokasi acara. Berkat GPS pada Nokia E71, kami tiba di lokasi tepat waktu.

Caranya, masuk ke ”menu” dan klik ”GPS”. Di sini, klik ”Maps” kemudian pilih ”Search” dan ketik lokasi yang dicari. Setelah diketik ”Turi”, muncul daftar yang berkaitan dengan nama ”Turi”. Pertama, ”Turi, Sleman” 16,6 km dan setelah itu ”Karangturi, Semarang” dengan jarak 150-an km. Kami pilih ”Turi, Sleman” dan mengikuti semua petunjuk dari GPS Nokia E61 itu. Hasilnya? Perjalanan kami tetap aman sampai di tujuan.

Sistem navigasi radio di seluruh dunia ini didukung oleh 24 satelit, yang dipantau stasiun bumi setiap saat. Terminal GPS akan menerima sinyal radio daya rendah dari satelit dan mengukur waktu tempuh sinyal tersebut. Dari waktu tempuh, unit penerima GPS dapat menghitung lokasinya hingga pada ukuran meter yang akurat.

Namun, bisa saja GPS tidak akurat. Sedikitnya empat satelit yang mengirim informasi posisi untuk alat bantu perjalanan. Ini juga tergantung dari kualitas sinyal GPS.

Selain membantu memandu perjalanan ke lokasi yang diinginkan, GPS juga dapat membantu kita melihat informasi perjalanan, seperti jarak dan durasi yang telah ditempuh serta kecepatan rata-rata dan kecepatan maksimum.

Tidak hanya Nokia E71 yang memiliki fasilitas GPS, tetapi juga sejumlah ponsel jenis lainnya, antara lain Nokia N95, N95 8GB, Nokia 6275i, Nokia 6110 Navigator, Nokia N82, Nokia E90. Ponsel high-end merek lain kini juga dilengkapi dengan fasilitas GPS, seperti iPhone dan Samsung Omnia.

Makin banyaknya ponsel yang dilengkapi GPS menunjukkan bahwa GPS dibutuhkan banyak orang dan menjadi salah satu fitur yang dapat membuat ponsel laris. Ponsel ber-GPS ini melengkapi GPS portabel yang kini membanjiri pasaran antara lain merek Garmin, Mio, dan Avix.

Nah, Anda siap mudik dengan panduan GPS? (R ADHI KUSUMAPUTRA)

FOTO di blog ini foto GPS Nokia E71 saat digunakan di Kota Yogyakarta. Foto oleh Sandy Mahendra/Prevention.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s