Terropong: Facebook, Jejaring Sosial yang Digemari Dunia


KOMPAS

Kamis, 18 September 2008

Teropong

Facebook, Jejaring Sosial yang Digemari Dunia

oleh R Adhi Kusumaputra

Facebook atau fesbuk kini menjadi salah satu kosakata penting dalam pergaulan sosial di tingkat global. Kalangan profesional, pengusaha, politisi, selebriti, mahasiswa, siswa sekolah, dan ibu rumah tangga di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia, kini memiliki jejaring sosial facebook.

Sampai akhir Agustus 2008, pengguna facebook di seluruh dunia tercatat 100 juta. Catatan comScore menunjukkan, pengunjung facebook pada Juni 2008 mencapai 132,1 juta, lebih tinggi dibandingkan pengunjung jejaring sosial lainnya, MySpace, yang tercatat 117,6 juta.

Selain menjadi sarana pergaulan dunia maya, facebook juga dimanfaatkan sebagai wahana berbagi informasi tentang beragam kegiatan dan alat promosi produk. Anggota facebook tak sekadar mencari sahabat, tetapi juga dapat menulis catatan dan meng-upload foto-foto, yang dapat dibaca dan dilihat para sahabat.

Politisi memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk menarik pendukung dan menjadi salah satu alat kampanye.

Kandidat Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, salah satu contoh politisi yang sukses memanfaatkan facebook. Salah satu faktor keunggulan Obama atas Hillary Clinton untuk memperoleh kursi dan maju sebagai calon Partai Demokrat adalah kejelian tim suksesnya memanfaatkan jejaring sosial facebook.

Belajar dari kesuksesan Barack Obama, kini banyak politisi Indonesia bergabung masuk facebook untuk mendekatkan diri dengan para pendukung. Wiranto, Akbar Tandjung, Soetrisno Bachir, Hidayat Nur Wahid, Zulkieflimansyah, Ferry M Baldan, dan banyak lagi.

Banyak selebriti, artis, dan musisi yang bergabung dalam facebook, selain untuk menjaga komunikasi dengan para penggemar, juga sarana efektif untuk informasi acara. Event organizer (EO) mempromosikan kegiatan lewat facebook dengan mengundang sebanyak-banyaknya orang untuk datang. Facebook langsung menuju sasaran.

Melalui facebook, kita juga dapat menemukan sahabat lama saat bersama duduk di bangku SD, SMP, SMA, sampai saat kuliah di bangku perguruan tinggi. Arief Suditomo, misalnya, mengungkapkan, dia ”bertemu” dengan kawan lamanya di SD lewat facebook setelah bertahun-tahun tidak berjumpa.

Ini tidak heran karena pengguna facebook dapat mencari teman dari nama sekolah, nama kota, nama perusahaan tempat bekerja, nama sekolah, dan nama negara. Data-data pribadi, seperti riwayat hidup, pekerjaan, hobi, buku yang disukai, serta film dan musik yang digemari, dapat dilacak dari facebook. Lengkapnya data pribadi pengguna facebook dimanfaatkan pula oleh sejumlah perusahaan untuk mencari staf yang layak.

Di facebook, siapa saja dapat menciptakan grup apa saja dan mengajak anggota facebook menjadi bagian dari grup tersebut. Kalangan profesional yang bergerak dalam bidang public relations (PR) acap kali memanfaatkan facebook sebagai sarana informasi yang efektif. Informasi acara dan kegiatan, baik nonkomersial maupun yang komersial, dapat ditemukan di sini.

Kemajuan teknologi telah mengubah kebiasaan sehari-hari. Saat bangun pagi, kita sudah sibuk mengecek surat-surat elektronik yang masuk lewat ponsel pintar dan memperbarui status facebook sambil membaca informasi terbaru. Bahkan, pemegang BlackBerry, iPhone, dan ponsel pintar lainnya dapat mengecek setiap saat, kapan pun dan di mana pun.

Ungguli flickr

Jumlah orang yang bergabung dalam jejaring sosial facebook di dunia memang meningkat tajam. Alexa, situs pencatat ranking dan perekam lalu lintas internet global, menyebutkan, dalam satu tahun terakhir (September 2006-September 2007), peringkat facebook naik dari posisi ke-60 ke posisi ketujuh situs paling banyak dikunjungi di dunia. Pada Agustus 2008, posisi facebook di peringkat kelima.

Di Amerika Serikat, facebook menjadi situs nomor satu untuk foto dengan 14 juta foto yang di-upload setiap hari (data sampai Juli 2008). Ini berarti facebook mengungguli situs foto terkemuka milik Yahoo!, yaitu flickr.

Salah satu aplikasi yang populer di facebook adalah aplikasi foto, di mana pengguna dapat meng-upload album dan foto-foto. Yang menarik, facebook mengizinkan pengguna mengirim foto tanpa batas. Dibandingkan dengan situs foto flickr dan photobucket, layanan facebook ini sangat memikat. Kelebihan lainnya, pengguna facebook dapat memberi label nama (tag) pada foto yang di-upload.

Facebook memperbolehkan pengguna menulis di situs ini setelah facebook Notes dirilis 22 Agustus 2006. Pengguna dapat mengimpor tulisan dari blog-blog LiveJournal, Blogger, Xanga, dan blog lainnya. Pada 7 April 2008, pengguna facebook dapat berkomunikasi chatting dengan sesama teman yang sedang on-line.

Desain baru facebook yang diperkenalkan sejak 20 Juli 2008 dan mulai 3 Agustus 2008, semua pengguna facebook menikmati desain wajah baru.

Capai 100 juta

Pendiri dan CEO facebook, Mark Zuckerberg, dalam blog facebook 26 Agustus 2008 mengumumkan, jumlah pengguna facebook sudah mencapai 100 juta. Mark menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan berusaha melakukan yang terbaik bagi pengguna facebook.

Sejak diluncurkan 4 Februari 2004, jejaring sosial facebook sudah memikat hati penggunanya. Mark Zuckerberg menciptakan facebook ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Saat itu facebook dibuat terbatas untuk mahasiswa Harvard. Maret 2004, facebook diperluas ke Stanford, Columbia, dan Yale. Kemudian diperluas ke semua sekolah dan universitas yang masuk dalam Ivy League dan universitas-universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Juni 2004, facebook memindahkan markasnya ke Palo Alto, California, AS, dan kini memiliki 500 karyawan.

Setelah menciptakan versi SMA pada September 2005, Zuckerberg memperluas jaringan facebook ke para pegawai sejumlah perusahaan, seperti Apple Inc dan Microsoft.

Masa keemasan facebook dimulai setelah pada 26 September 2006, jejaring sosial ini dibuka untuk siapa saja yang memiliki e-mail yang valid. Sampai September 2008, facebook tersedia pada lebih dari 20 bahasa.

Yang menarik, facebook dilirik banyak perusahaan besar, seperti News Corp, Yahoo!, dan Google, tetapi Zuckerberg menyatakan, facebook tetap independen dan dia tidak menjual perusahaan yang mengandalkan iklan banner itu kepada pihak lain.

Nah, Anda sudah bergabung dalam facebook?

foto di blog ini contoh tampilan facebook. foto oleh WISNU WIDIANTORO/Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s