Otomotif: Suzuki Merah Putih Hijaukan Lereng Merapi


KOMPAS
Jumat, 12 September 2008

Otomotif

Barisan mobil merek Suzuki dari berbagai jenis dan tipe beriring-iringan menyusuri jalan mendaki di lereng Gunung Merapi. Hari Sabtu (30/8), sekitar 250 mobil merek Suzuki dari sembilan kota di Jawa bergabung bersama untuk satu acara, Suzuki Go Green. Sedikitnya seribu pohon ditanam di lereng Merapi, persisnya di Dusun Nganggring, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keluarga besar Suzuki se-Jawa selama dua hari melakukan konvoi bersama dalam acara yang diberi nama Suzuki Merah Putih. Rombongan dari Jakarta berangkat hari Jumat (29/8) dari Wisma Indomobil tepat pukul 08.10. Sekitar 25 mobil menyusuri Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kemudian menembus ke Tol Cipularang dan melintasi jalur selatan Jawa Barat.

Mengendarai Suzuki Grand Vitara, kami menyusuri jalur selatan Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar yang kondisi jalannya beraspal mulus. Meskipun jalan berkelok-kelok, perjalanan tetap nyaman. Rombongan singgah di sebuah restoran makanan Sunda di Ciamis untuk makan siang. Suasana hijau di sekeliling rumah makan itu setidaknya memberi kesegaran baru.

Memasuki wilayah Jawa Tengah, klub Suzuki dari Purwokerto dan Cirebon bergabung. Konvoi pun makin panjang. Senja pun tiba ketika konvoi memasuki wilayah Kebumen. Memasuki wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, rombongan Suzuki dari Solo dan Semarang menyemarakkan suasana.

Semarak Suzuki Merah Putih terasa pada hari Sabtu ketika 250-an mobil merek Suzuki (Karimun, APV, Swift, Grand Vitara, SX4, New Baleno) menguasai jalan di seputar Yogyakarta. Iring-iringan mobil Suzuki diwarnai suara sirene kendaraan polisi pengawal, membuat Yogyakarta ”lautan” Suzuki.

Lereng Merapi, yang biasanya tenang, pada pagi itu diramaikan dengan konvoi Suzuki Merah Putih. Tentu saja ini bukan sekadar acara rame-rame tanpa makna. ”Pemberian seribu bibit pohon untuk ditanam di lereng Merapi ini mempunyai arti bahwa Suzuki peduli pada lingkungan hidup,” kata Direktur Pemasaran PT Indomobil Niaga International Endro Nugroho.

Seribu bibit pohon itu diserahkan Endro bersama tuan rumah acara Suzuki Merah Putih di Yogyakarta, Hendra Kurniawan, yang juga Presiden Direktur PT Sumberbaru Anekamotor, dealer utama Suzuki wilayah Yogyakarta. Bibit pohon itu secara simbolis diterima oleh Sambyah, penerima Kalpataru 2007.

Sambyah, pemimpin informal dalam kelompok tani dan ternak mandiri di Dusun Nganggring, Desa Girikerto, Sleman, berterima kasih atas kepedulian komunitas Suzuki atas lingkungan di lereng Merapi.

Sabtu malam, komunitas pengguna Suzuki menikmati makan malam bersama di kawasan Candi Prambanan di bawah terang bulan sambil menonton pertunjukan sepotong episode Hanoman Obong yang legendaris dan aneka hiburan lainnya. ”Ini bukti bahwa Suzuki peduli lingkungan dan konservasi budaya,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Suzuki Merah Putih Bebin Djuana.

Pelihara komunitas

Acara Suzuki Merah Putih memang salah satu cara ATPM menjaga komunikasi dan tali silaturahmi dengan sejumlah komunitas pengguna Suzuki. Saat ini bermunculan komunitas pengguna Estillo, Karimun, APV, Swift, New Baleno, Grand Vitara, dan SX4. ”Kami tak ingin sekadar ngumpul-ngumpul tanpa arti. Kami ingin anggota komunitas melihat bahwa Suzuki peduli penghijauan di lereng Merapi dan konservasi budaya,” katanya.

Suzuki Merah Putih yang digelar kali keempat ini akan tetap diadakan setiap tahun. Langkah ini sangat efektif dalam memelihara langgengnya komunitas.

Suzuki dalam pasar otomotif Indonesia saat ini berada di posisi ketiga setelah Toyota dan Mitsubishi. Suzuki sesungguhnya mengincar posisi nomor dua. Namun, meledaknya pasar bioenergi menyebabkan industri kelapa sawit dan batu bara berjaya. Ini berdampak pada melonjaknya permintaan truk-truk Mitsubishi.

Meski demikian, Suzuki kini berhasil mengubah citra dari kendaraan angkot menjadi ken daraan kompak 1.500 cc. Beberapa tahun ke depan, Suzuki malah akan masuk ke pasar high-end dengan pasar menengah atas. Saat ini desain Suzuki pun berubah secara radikal, dari konsep angkot menjadi kendaraan berkelas dengan New Baleno, Swift, Grand Vitara, dan SX4. Desain Suzuki kini digarap oleh perusahaan desain otomotif terkemuka dari Italia.

Niat Suzuki menguasai pasar otomotif Indonesia diimbangi dengan langkah menggelar acara-acara bermanfaat yang bertujuan memelihara hubungan dengan komunitas-komunitas pemilik kendaraan Suzuki. Inilah cara efektif ATPM Suzuki menjaga komunikasi dengan konsumen dan pengguna. 
(R Adhi Kusumaputra)

foto di blog ini foto penanaman simbolis bibit pohon di lereng Merapi. foto oleh R Adhi Kusumaputra



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s