William Wongso: Promosi Masakan Daerah Masih Kurang

KOMPAS.com

Senin, 11 Agustus 2008, pukul 17:45

William Wongso: Promosi Masakan Daerah Masih Kurang

JAKARTA, SENIN – Pakar kuliner Indonesia, William Wongso (61) akan menerima penghargaan di bidang kuliner dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden, hari Selasa 12 Agustus. William Wongso akan menerima penghargaan profesi bersama sejumlah pakar lainnya. William Wongso dalam percakapan dengan Kompas hari Senin (11/8) sore di Hotel The Ritz-Carlton mengungkapkan, dia bergelut dalam dunia kuliner sejak 31 tahun, saat dia membuka toko roti.

“Saya sekarang lebih banyak berkeliling Indonesia dan dunia. Selain menjadi konsultan, saya bekerja untuk Garuda Indonesia sebagai pakar kuliner untuk mengawasi dan menilai makanan untuk penumpang maskapai penerbangan. Ini tahun ketiga bersama Garuda,” kata William Wongso.

William penasaran mengapa Indonesia belum pernah “take-off” mempromosikan masakan daerah. “Saya ajak Ritz-Carlton, hotel bintang lima yang mau menghadirkan masakan daerah. Ironis sekali, hotel bintang lima mempromosikan masakan luar negeri, mengapa bukan masakan daerah di Indonesia?” ungkap host “Cooking Adventure” di Metro TV itu.

Dengan cara ini, tamu-tamu hotel Ritz-Carlton dan masyarakat Indonesia mengetahui bahwa masakan daerah di Indonesia punya cita rasa yang khas. “Kalau bisa terorganisasi secara rutin, pemda bisa terbuka dan punya kebanggaan akan makanan daerah. Saya memimpikan agar masakan daerah di Indonesia dibanggakan di negeri sendiri. Kita buka wawasan makanan lokal,” katanya.

Hotel Ritz-Carlton menyajikan masakan khas Samarinda dan Bangka-Beltung, menyambut HUT Kemerdekaan RI tahun ini. William juga berharap Istana punya dapur sendiri. Ini akan memacu setiap pemda mempromosikan masakan khasnya dan ini menjadi persaingan sehat. Pengolah makanan tak cukup hanya semacam tukang rujak, bukan sekadar memasak, tetapi juga butuh intelektualitas.

William mengaku tidak lagi terjun langsung dalam pengelolaan restorannya. “Anak-anak saya Olivia dan Tia yang mengembangkan Mi Item. Ini sudah cabang ketiga. Semuanya di Jakarta,” ungkapnya.

R Adhi Kusumaputra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s