Memacu Adrenalin dengan Slider Sepanjang 72 Meter

KOMPAS.com

Kamis, 24 Juli 2008, pukul 12.55

Memacu Adrenalin dengan Slider Sepanjang 72 Meter

MAL bukan lagi sekadar tempat belanja, tetapi juga merupakan tempat hiburan. Setelah Pacific Place di kawasan SCBD Jakarta yang menyediakan tempat bermain Kidzania khusus anak-anak, kini FX-Generation, mal gaya hidup mengajak pengunjungnya memacu adrenalin dengan permainan slider sepanjang 72 meter dengan ketinggian 28,25 meter.

Permainan yang dinamakan Atmostfear ini ternyata diminati banyak pengunjung mulai anak-anak hingga orang dewasa. Rasa penasaran yang muncul, membuat banyak pengunjung rela antre untuk mencoba slider tertinggi, yang baru pertama ada di Indonesia, bahkan di Asia.

Slider yang didesain dan dikeluarkan oleh Wiegand GmbH, pabrik silder terbaik di dunia, sudah mengantungi sertikat keselamatan dari TUV Jerman. Dengan kemiringan 3 0-45 derajat, pengunjung yang mencoba silder ini melaju dengan kecepatan 25 kilometer per jam, dari lantai VII ke lantai I, hanya dalam waktu 12 detik.

Amankah slider ini? Presiden Direktur FX-Generation, Andre Gunawan mengatakan, alat ini dibuat dalam waktu dua bulan di pabriknya di Jerman, kemudian dimasukkan ke dalam empat kontainer untuk dikirim ke Jakarta. Alat ini langsung di-install oleh lima orang teknisi Wiegand GmbH di FX. Alat ini disebutkan mampu bertahan hingga 100 tahun ke depan.

Kompas mencoba slider ini hari Jumat (18/7) sore. Antrean cukup panjang, menunjukkan permainan Atmostfear digemari semua umur. Setelah menunggu giliran, beberapa orang diminta mengenakan jaket, helm, sarung tangan, pengaman lutut, yang sudah disediakan. Tapi sebelumnya semua isi saku kemeja dan saku harus dikeluarkan dan dititipkan kepada petugas.

Saat akan masuk ke terowongan, kedua kaki harus ditekuk dan berdekatan. Sementara tubuh dibiarkan terbaring di alas yang dibuat khusus untuk ini. Sensasi turun dengan slider dalam kecepatan 7 meter per detik ini memang luar biasa. Sulit dilukiskan dengan kata-kata karena memang harus dirasakan sendiri. Saat turun dan jatuh di matras di lantai I, biasanya terguling-guling tetapi tetap selamat dan aman.

Delapan anak berusia 10 tahun tampak bersemangat mencoba turun dari slider itu. Mereka datang ke FX atas undangan seorang teman yang berulang tahun. Dia mengundang kami, mencoba permainan ini. Seru dan asyik, kata salah seorang siswa SD Al Azhar, Jakarta Selatan itu.

Sierra (17), siswa SMAK 4 Jakarta yang mencoba permainan ini, berucap,”Asyik banget. Cepet banget, kok sudah sampai di bawah. Saya mau coba lagi nih.” Tak ada rasa takut, bahkan mereka ketagihan. Seperti yang dilaku Frizzy (19), mahasiswa Universitas Moestopo yang mengaku sudah dua kali turun dengan slider itu. Rekannya, Daniel (19) mahasiswa dari perguruan tinggi yang sama, saat turun mengeluarkan teriakan yang keras untuk mengatasi rasa takutnya.

Sepasang anak muda, Andri dan Nancy sabar menunggu antrean. “Saya penasaran, ingin mencoba permainan baru ini, kata Andri, wirausaha. Sangat menarik dan sempat mendebarkan,” katanya.

Sampai akhir Juli, Atmostfear dapat dicoba tanpa dipungut biaya asalkan pengunjung FX menunjukkan bukti pembayaran mi nimal Rp 1 dan menukarkan dengan voucher permainan ini. Tapi mereka yang berbelanja lebih dari Rp 100.000, langsung mendapatkan kupon untuk mencoba Atmostfear. Agustus mendatang, pengelola Atmostfear mulai mengenakan biaya bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan ini. Atmostfear dapat dicoba mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00 mulai hari Minggu sampai Kamis, dan sampai pukul 24.00 pada hari Jumat dan Sabtu.

Mal memang bukan lagi sekadar tempat belanja dan tempat nongkrong, tetapi juga menjadi pusat gaya hidup dan hiburan. Atmostfear menjadi sarana bermain bagi pengunjung mal gaya hidup FX. Indonesia merupakan negara ketiga di dunia, yang memiliki permainan slider ini setelah Austria dan Israel. Nah, Anda berani mencoba masuk terowongan dan turun dalam waktu 12 detik dari ketinggian hampir 30 meter? (R ADHI KUSUMAPUTRA )

FOTO di blog ini foto BERSIAP TURUN LEWAT SLIDER Seorang pengunjung FX-Generation, lifestyle mall, bersiap-siap turun meluncur melalui slider terpanjang (72 meter) dari lantai VII ke lantai I. Bermain di mal kini makin mengasyikkan. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s