Banjir Diskon di Mana-mana!

KOMPAS

Satu, 21 Juni 2008

Metropolitan

R Adhi Kusumaputra

Jakarta Great Sale? Ya, mengapa tidak? Mereka yang biasa belanja ke Singapura, Malaysia, Hongkong, boleh tengok mal-mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta dan sekitarnya yang selama sebulan penuh, mulai Jumat, 27 Juni mendatang, mengikuti program yang bertema ”The Great Saletainment” itu.

Paramitha Rusady, salah seorang Duta Jakarta Great Sale (JGS) 2008, mengajak warga Indonesia agar tidak perlu berbelanja ke luar negeri, tetapi datanglah ke mal-mal peserta JGS. ”Mengapa harus buang-buang duit di luar negeri?” katanya.

Sebanyak 47 anggota Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta ikut serta dalam JGS 2008. Termasuk di antaranya pusat perbelanjaan baru, seperti Senayan City, Grand Indonesia, dan Pacific Place.

Sejumlah anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia juga menyemarakkan JGS, seperti Matahari, Metro, Pasaraya Grande, Star, Centro, Debenhams, Sogo, Parisian, Seibu, Ramayana, Rimo, Alfamart, Golden Truly, Java, Bata, dan Golf House.

Meskipun belum semua hotel yang berperan serta dalam JGS, ada beberapa hotel yang memberikan potongan harga selama JGS berlangsung, yaitu Hotel Aryaduta Jakarta, Hotel Jayakarta, Hotel Sahid Jaya, Hotel Oasis Amir, Hotel Sofyan, Hotel Ambhara, Hotel Bumikara Bidakara, dan Hotel Patra Jasa.

General Manager Jaringan Hotel Ibis Indonesia Thierry Douet yang ditanya Kompas secara terpisah mengatakan, lima Hotel Ibis di Jakarta tidak memberi diskon langsung, tetapi melalui paket.

Hotel Ibis Kemayoran dan Ibis Manggadua, misalnya, menawarkan paket menginap dengan tiket gratis masuk Ancol, Sea World, dan nonton atraksi Police Academy. Hotel Ibis Tamarin, Ibis Arcadia, dan Ibis Slipi menawarkan paket menginap dengan menyantap makanan dalam Festival Betawi.

Pengusaha spa di Jakarta juga tidak ketinggalan memberi potongan harga. Beberapa nama spa itu adalah Life Spa & Fitness, Arena, Odiseus, Taman Sari Royal Heritage Spa & Java Princess, Susan Walne Spa & Slimming Treatment, Balinese Spa, Giri Lola Spa Casablanca, dan Giri Loka Spa Hotel Harris Jakarta.

Banjir diskon dan hadiah
Matahari Department Store selama JGS 2008 ini memberikan diskon paket promo bervariasi, mulai dari ”beli satu dapat gratis satu”, ”beli produk seharga Rp 150.000 mendapat voucher belanja senilai Rp 50.000”, memperoleh diskon ganda, mendapat kupon belanja.

”Kami memberlakukan paket diskon khusus selama 27 Juni hingga 27 Juli di 30 gerai Matahari di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok,” kata Direktur Merchandise Matahari Department Store Christian Kurnia.

Manajer Operasi Centro Juni Sukasmono mengungkapkan, dua gerai Centro di Plaza Semanggi dan Margo City Depok memberikan potongan harga sampai 50 persen untuk semua produk. ”Kami berharap JGS menjadi wisata belanja yang atraktif. Orang Indonesia tak perlu belanja di luar negeri karena produk yang dijual di sini berkualitas,” katanya.

Direktur PT Star Maju Sentosa Dewi Kartanegara (44) yang mengelola Star Department Store di Mal Kelapa Gading dan Summarecon Mal Serpong memberikan diskon sampai 50 persen untuk semua produk. ”Setiap Senin sampai Kamis, Star juga memberi hadiah, gift surprise kepada konsumen yang membeli barang senilai Rp 300.000,” kata Dewi.

Manajer Penjualan dan Promosi Parisian Department Store Agus Arismunandar mengatakan, gerai Parisian di Mal Taman Anggrek memberikan promosi Big One Sale hingga 70 persen. ”Kami memberikan hadiah kepada konsumen yang beruntung berupa satu unit TV LCD Sony 26 inci. Pemenang akan diundi,” katanya.

Manajer Promosi dan Iklan pusat perbelanjaan Grand Indonesia Ari Stefanus mengatakan, sebagai mal baru, Grand Indonesia memberi tempat bagi pedagang usaha kecil dan menengah atau UKM untuk menggelar dagangannya di lantai IV dan V di East Mall selama masa JGS.

”Kami tidak mengenakan biaya sewa, dan seluruh penjualan UKM dikembalikan kepada pedagang UKM. Grand Indonesia ingin berpartisipasi dengan cara berbeda. Ada UKM yang menggelar diskon, selain produk-produk yang sudah dikenal,” kata Ari.

Jakarta Great Sale 2008 akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Pacific Place di kawasan Sudirman Central Business District atau SCBD pada Jumat, 27 Juni. Rencananya, JGS ditutup dalam acara di Pluit Junction pada Jumat 27 Juli mendatang.

JGS disemarakkan dengan acara-acara talk show dengan para perancang busana Indonesia, ahli kecantikan yang diprakarsai Mustika Ratu. JGS juga menggelar Pesta Kuliner Betawi yang diprakarsai Pluit Junction dan acara belanja bersama artis di mal-mal.


Plaza Indonesia menggelar pameran ”The Potrait of Jakarta”, sedangkan Grand Indonesia ”Pameran UKM dan Parade Merah Putih”.

Perlu sinergi kuat
Jakarta Great Sale 2008 memang belum seperti Great Singapore Sale. Namun, jika sinergi 16 asosiasi yang mendukung JGS ditingkatkan, JGS bakal menjadi salah satu pesta diskon yang pasti ditunggu-tunggu. Apalagi jika di masa depan, JGS melibatkan kalangan perhotelan, penerbangan, restoran, dan usaha pariwisata lainnya. JGS akan menarik wisatawan Nusantara dan wisatawan mancanegara.

Selama ini sudah menjadi rahasia umum, banyak orang Indonesia berbelanja di Great Singapore Sale (GSS) dan Malaysia Mega Sale (MMS). Gencarnya iklan yang dipasang di sejumlah media massa Jakarta oleh Singapore Tourism Board dan Malaysia Tourism Board membuat banyak orang Indonesia ramai-ramai membuang devisa, berbelanja di luar negeri.

Pertanyaannya kemudian, mengapa orang Indonesia lebih suka berbelanja di luar negeri? Padahal kualitas pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta saat ini tidak kalah dengan di Singapura, Malaysia, dan negara lainnya.

Jawabannya mudah. Jakarta Great Sale selama ini belum dikemas sedemikian rupa seperti halnya Singapura dan Malaysia. Kedua pemerintah negeri jiran itu sungguh-sungguh menggaet wisatawan mancanegara.

Akan tetapi, melalui JGS 2008, Jakarta mencoba menarik wisatawan Nusantara dan mancanegara. JGS dikemas dengan beragam acara hiburan.

Ayo kita nikmati pesta diskon di Jakarta!


FOTO di blog ini panitia pelaksana Jakarta Great Sale 2008 dari kiri Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta Arie Budhiman, Seketaris Pelaksana JGS 2008 Suryadi Sasmita, Asisten Perekonomian DKI Jakarta Mara Oloan Siregar, Ketua Panitia Pelaksana JGS 2008 Benjamin Mailool, dan satu lagi Wakil Ketua Kadin. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s