Kolom Blog Adhi Ksp: Persaingan Ketat di Media Dotcom: Inilah.com, Portal Berita yang Fenomenal

Kolom Blog Adhi Ksp

Persaingan Ketat di Media Dotcom

Inilah.com, Portal Berita yang Fenomenal

KEHADIRAN media dotcom di Indonesia dua tahun terakhir ini makin marak. Sekarang bicara berita dotcom, kita tidak lagi menyebut hanya detik.com, tetapi kini sudah ada okezone.com, inilah.com dan ada pula berita8.com.

Ini belum termasuk media-media mainstream seperti Kompas yang akhir pekan lalu mencanangkan kelahiran kembali kompas.com. Kita juga tahu media mainstream lainnya yang memiliki media Tempo Interaktif, Republika, Media Indonesia dan sebagainya.

Kebutuhan kecepatan informasi yang mengandalkan media online, membuat perusahaan media membenahi sumber daya manusia. Jurnalis di lapangan, dibekali peralatan yang dapat mengirim berita dalam waktu singkat. Khalayak mendapatkn informasi tak hanya dari radio dan televisi, tetapi juga dari media dotcom.

Dan yang menarik dari perkembangan dunia media dotcom adalah pengelola media dotcom berlomba-lomba melengkapi dengan berbagai fasilitas seperti live streaming video. Beberapa media dotcom yang sudah meluncurkan fasilitas ini adalah kompas.com, detik.com, inilah.com, dan okezone.com.

Kompas.com melengkapi dengan Seleb.tv yang khusus membahas seputar selebriti dan Videoku, wahana bagi mereka yang suka mengirim video (seperti Youtube). Kompas.com melakukan terobosan penting dan menjadikan media dotcom ini lebih unggul dibandingkan dotcom lainnya.

Ada satu media dotcom yang masih baru dan jarang terdengar namanya. Inilah.com. Pemiliknya, Muchlis Hasyim mengatakan Inilah.com memang tidak ingin bersaing head to head dengan kompas.com, tetapi lebih dengan detik.com dan okezone.com. Yang menarik adalah Inilah.com yang baru berusia empat bulan (diluncurkan bulan Februari 2008 lalu) sudah berada di urutan keempat indonesia page view di bawah kompas.com, detik.com dan okezone.com.

Di Alexa.com, posisi Inilah.com pada urutan ke 42.000 dan diakses pengunjung dari 18 negaa. Padahal ketika awal diluncurkan, Inilh.com ada pada urutan 7.000.000. “Kami tidak mengambil berita kriminal jalanan. Kami lebih mengutamakan berita-berita politik dan ekonomi,” kata Muchlis menjelaskan.

Inilah.com adalah media dotcom pertama yang menjalin kerja sama dengan Voice of America atau VOA. “Inilah.com juga website pertama yang memiliki informasi lalu lintas Jakarta. Kami kerja sama dengan Traffic Management Center Polda Metro Jaya dengan update setiap satu setengah menit. Jadi pengunjung website Ini.com dapat melihat gambaran lalu lintas di sejumlah lokasi jalan di Jakarta secara real-time,” ungkap Muchlis mempromosikan Ini.com.

Inilah.com memberi tempat khusus bagi band-band anak muda yang belum terkenal dan juga memberi tempat bagi karikatur. “Indeks bursa selalu di-update, lengkap dengan analsisnya,” cerita Muchlis Hasyim yang memulai kariernya dari suratkabar Media Indonesia itu.

Kru Inilah.com sebagian besar mereka yang sudah berpengalaman dalam dunia media cetak dan media online. Tampaknya Inilah.com tidak main-main dan serius menggarap media online ini. Persaingan ketat di media dotcom makin nyata. Selain berita-berita yang tersaji berita terkini dan segar, media dotcom harus menampilkan inovasi baru. Dan itu dibutuhkan kreativitas yang tinggi dari para pengelolanya.

FOTO di blog ini foto Muchlis Hasyim, pemilik Inilah.com, sedang berbincang dengan penulis. Thanks to Rahman Mangussara yang mengambil foto ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s