Nama dan Peristiwa: WS Rendra

Budayawan WS Rendra termasuk yang ikut mengantarkan jenazah Bang Ali ke tempat peristirahatan terakhir di TPU Tanah Kusir, Rabu (21/5) lalu. Rendra mengagumi Bang Ali. Katanya, “Tak ada pemimpin politik seperti Bang Ali yang berani, tegas dan visioner.” WS Rendra bercerita, ketika dirinya akan ditangkap Ali Moertopo semasa rezim Soeharto, orang yang pertama membelanya adalah Bang Ali. Rendra juga ingat Bang Ali pernah mengunjungi rumahnya yang sederhana di Yogyakarta lebih dari 30 tahun silam. Begitu luar biasanya sosok Bang Ali di mata seniman WS Rendra. Bang Ali adalah sosok pemimpin yang peduli pada rakyat, bangsa dan negara ini. Bang Ali memang pemimpin rakyat dan dicintai rakyat.
KOMPAS
Kamis, 22 Mei 2008
Nama dan Peristiwa
WS RENDRA
Tentang Bang Ali


Budayawan WS Rendra terkesan dengan gaya kepemimpinan almarhum Ali Sadikin. Dia menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak pernah melakukan intervensi meskipun telah memberi tempat untuk seniman dan budayawan, baik dengan dana anggaran maupun sarana.

”Bang Ali memberikan Gelanggang Remaja dan Taman Ismail Marzuki,” ungkap Rendra di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu (21/5).
”Bang Ali tak pernah melakukan intervensi. Sementara yang saya tahu, gubernur lainnya memberi bantuan, tapi melakukan intervensi. Tak ada pemimpin politik seperti Bang Ali,” kata Rendra, yang ikut mengantarkan almarhum Ali Sadikin hingga ke tempat peristirahatan yang terakhir.
Seniman ini juga teringat ketika dia akan ditangkap penguasa pada masa rezim Soeharto. Pada saat itu, orang yang pertama membela dirinya adalah juga Ali Sadikin.

Rendra pun mengenang salah satu pertemuannya dengan Bang Ali. Ceritanya, pada suatu hari Bang Ali berkunjung ke rumahnya yang sederhana di Yogyakarta.

”Bang Ali bertanya, kok, rumah saya kecil dan sumpek? Lalu Beliau memberi bantuan untuk perbaikan rumah. Saya sempat menolak, tapi Bang Ali bilang (terimalah), saya sudah membantu membuat TIM didatangi banyak orang,” kenang pria yang lahir di Solo, 7 November 1935 itu. (KSP)

FOTO di blog ini foto WS Rendra oleh R Adhi Kusumaputra/KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s