N95 8GB, Multimeda dalam Genggaman Tangan

Kolom Blog Adhi Ksp

N95 8GB, Multimedia dalam Genggaman Tangan

Saya sudah mendengar perihal N95 ketika meliput acara Nokia World 2006 di Amsterdam, Belanda. Tapi waktu itu N95 belum diluncurkan secara resmi, dan baru beredar di Indonesia kuartal pertama tahun 2007. Belum satu tahun, Nokia sudah mengeluarkan NSeries terbarunya, yaitu N95 8GB, dengan kapasitas memori 8 Gigabytes (GB) pada kuartal keempat tahun 2007.

Saya termasuk Nokia minded. Ketika Nokia 9210 Communicator muncul tahun 2000, saya sudah memilikinya. Tapi saya kurang puas karena masih banyak kekurangan. Lalu Nokia 9500 keluar, saya juga menggunakannya. Fasilitas fax di Nokia 9500 ini oke. Tapi untuk akses e-mail, Nokia Communicator masih lamban. Bahkan ketika saya ke Jepang tahun lalu, Nokia 9500 Communicator tidak dapat berfungsi karena tidak support jaringan 3G dan 3,5G di Jepang.

Ketika mengikuti Nokia World 2006 silam, saya mendengar pernyataan CEO Nokia Olli-Pekka Kallasvuo bahwa ponselnya adalah E61, padahal waktu itu Nokia 9500 Communicator masih berjaya di Indonesia. Bahkan ketika bertemu petinggi Nokia Asia Pasifik yang berasal dari Singapura, dia pun menggunakan Nokia E61. Saya pikir, di Indonesia orang mendewa-dewakan Nokia Communicator 9500, eh CEO Nokia menggunakan E61. Saya langsung cek di internet ihwal Nokia E61 ini.

Pulang dari Amsterdam, saya beli Nokia E61. Benar, akses ke e-mailnya sangat cepat. Layarnya lebih lebar. Kecepatan akses ke internet berbeda jauh dengan N9500 Comm, yang sekarang harganya sudah jatuh di kisaran Rp 4 jutaan. E61 di-update menjadi E61i, dengan tambahan kamera.

Nah, kembali ke N95 8GB. Saya jatuh cinta pada NSeries terbaru ini ketika membaca preview yang dimuat di berbagai situs. Awal Desember 2007, saya pun langsung membeli N95 8GB. Ponsel ini memang luar biasa. Saya ingin memberikan pengalaman menggunakan N95 8GB kepada khalayak pembaca blog ini.

Saya membawa N95 8GB ke Fukuoka, Jepang, Desember 2007 lalu pada saat acara Asian City Journalist Conference. Saya mengabadikan momen dengan N95 8GB ini, foto-foto dan video-nya. Foto-foto liputan dari Fukuoka, saya ambil dengan N95 8GB 5 Megapixel. Hasil fotonya lumayan untuk dimuat di surat kabar Kompas. Demikian pula ketika menikmati long week-end di Bali, saya membawa N95 8GB. Tak ada momen indah yang terlewatkan berkat N95 8GB.

Yang juga membuat saya demen dengan NSeries terbaru ini adalah N95 8GB dapat merekam momen. Fungsinya menggantikan handycam. Jadi kamera bisa, alat perekam pun bisa. Sangat praktis. Bisa menjadi dokumen berharga, kalau yang kita rekam adalah momen-momen penting. Hasilnya langsung dapat dilihat di TV karena N95 8GB dibekali TV Out. Hasilnya oke banget.

Bahkan yang menarik adalah, kita dapat mengirim foto hasil jepretan pada saat itu juga melalui email. Misalkan seorang jurnalis mengabadikan peristiwa luar biasa dengan N95 8GB-nya, lalu si jurnalis dapat mengirim foto itu lewat email ke alamat email desk foto. Kalau dia berada di lokasi yang ada wi-fi gratis (NSeries Wi Fi Zone misalnya), pengiriman foto itu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Tapi kita pun dapat memanfaatkan jaringan GPRS, 3G, 3,5G . Foto-foto dari N95 8GB pun dapat dipublikasikan ke blog foto, flickr. Saya sudah mencobanya, dan waktu pengiriman relatif cepat.

Saya berlangganan paket data XL Rp 99.000 untuk 250 MB. Bagi saya, kapasitas itu sudah cukup karena saya suka “on” chatting dengan aplikasi Gizmo5 dan browsing intenet di N95 8GB. Nah, bicara browsing internet dari N95 8GB, waktunya relatif cepat. Ada fitur “searh” atau “pencarian” yang memudahkan kita mencari informasi tentang apapun dari genggaman tangan.

Misalnya ketika sedang ngobrol atau wawancara orang tentang topik khusus, ada hal yang belum saya pahami misalnya. Supaya pembicaraan nyambung terus, saya langsung cek di internet lewat N95 8GB, dan informasi langsung diperoleh pada saat itu juga.

Demikian juga ketika misalnya saya sedang nonton film Pride and Prejudice. Untuk tahu siapa pemainnya dan garis besar ceritanya, saya langsung cek IMDB ataupun Wikipedia dari genggaman tangan. Pada saat itu juga pengetahuan saya bertambah dan tetap mengingatnya. Oh, si cantik di film itu bernama Keira Knightley, artis kelahiran Inggris. Ada banyak contoh.

Jadi kita tak perlu lagi cek di laptop atau PC kantor, apalagi minta bahan dari perpustakaan. Kita langsung tahu saat itu juga. Ini cuma contoh. Tapi sudah saya praktikkan ketika saya melakukan wawancara. Narasumber menyebut istilah yang belum saya pahami, saya langsung cek di Google Search atau Yahoo Search dari N95 8GB. Langsung ketemu deh jawabannya.

Selain itu saya suka N95 8GB karena dengan ponsel pintar ini, kita juga dapat mendengarkan siaran radio yang ada di seluruh Jakarta. Gelombang radio itu terdeteksi sendiri secara otomatis dan kita tinggal menyimpannya. Untuk mendengarkan radio, kita tinggal masuk fitur Musik dan Radio. Kita pun bisa mendengarkan radio internet dari berbagai belahan dunia ini, setelah kita memilih berbagai radio internet yang tercantum dan menyimpannya agar sewaktu-waktu bisa diputar kembali.

Dengan kapasitas 8 GB, ponsel pintar ini bisa menyimpan 6.000 lagu atau merekam video selama 20 jam! Kita bisa nonton film “Casino Royale” dari N95 8GB ini, misalnya. Lagu-lagu kesukaan dapat didengar setiap saat melalui ear-phone.

Kita juga bisa membaca buku elektronik (e-book) dan menyimpan kamus elektronik (e-dictionary) yang kita beli dari amazon.com melalui N95 8GB. Sewaktu-waktu saat senggang, kita bisa baca lagi dan baca lagi.

Fungsi GPS sebagai pemandu lokasi juga kelebihan N95 8GB ini. Anda bisa cek posisi Anda menurut satelit. Anda juga bisa mencari rute terdekat lokasi yang akan Anda tuju, berapa kilometer jarak yang akan Anda tempuh, dan ada apa saja di lokasi terdekat kita saat itu. Fungsinya sama dengan GPS portabel, yang bisa kita bawa-bawa ataupun dipasang di kendaraan kita.

O ya, kita juga bisa main game di N95 8GB ini, untuk mengisi waktu senggang misalnya saat sedang menunggu antrean dokter atau saat waktu luang.

Yang juga menyenangkan, saat ini Nokia memiliki program NSeries WiFi Zone, yang memberi kenyamanan bagi pemilik NSeries untuk mengakses internet secara gratis di lokasi lokasi hotspot bertandakan NSeries WiFi Zone. Misalkan kita sedang “hang-out” di sebuah kafe di Citos, pemindai Wi-Fi dapat melacak zona bebas Wi-Fi. Kita tinggal memilihnya, dan setelah itu kita bebas berselancar dengan NSeries, termasuk N95 8GB.

Satu-satunya kelemahan N95 8GB adalah baterenya cepat soak. Karena itu, ada baiknya memiliki charger mobil -kalau sedang berada di dalam mobil, dan membawa charger biasa. Bahkan bagi yang mobile, kita dapat membeli mobile charger.

Bagaimanapun, N95 8GB saat ini masih yang terbaik di kelas NSeries, yang merupakan multimedia dalam genggaman tangan. Bahkan PC pun sebetulnya tak punya fasilitas GPS dan perekam gambar.

Jadi, jangan sia-siakan semua fasilitas di N95 8GB ini, jika Anda memutuskan untuk memilikinya. Jangan hanya untuk menelepon dan mengirim pesan singkat. Manfaatkan semua fasilitasnya. Saya belum cek harga sekarang. Tapi ketika saya beli awal Desember 2007, harganya masih Rp 7,1 juta. Mungkin sekarang harganya sudah turun.

One response to “N95 8GB, Multimeda dalam Genggaman Tangan

  1. mas, saya mau tanya cara hotspot pake wifi n95 8gb..
    saya udah coba, tapi hasilnya g bisa..
    no gateway reply katanya..
    apa ada yang harus di setting lagi?
    kalo hot spot nya perlu password ama username, kita ngisinya dimana?
    thanx ya.
    tolong reply via e-mail : ndindindi@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s