Transportasi Kota: Pembangunan MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas Dimulai 2009

KOMPAS
Senin, 10 Mar 2008
Halaman: 35
Penulis: R Adhi Kusumaputra

Transportasi Kota
PEMBANGUNAN MRT LEBAK BULUS-DUKUH ATAS MULAI 2009

Oleh R Adhi Kusumaputra

Apa kabar proyek mass rapid transit atau MRT Lebak Bulus-Dukuh
Atas? Banyak warga yang sudah bosan dengan kondisi kemacetan lalu
lintas di Jakarta menanyakan perkembangan terakhir proyek ini. Mereka
tentu tak ingin proyek MRT yang sudah dijanjikan pemerintah itu hanya
sekadar rencana, apalagi wacana.

Jika MRT tidak dibangun sekarang juga, sungguh tak bisa
dibayangkan bagaimana kondisi lalu lintas di Ibu Kota empat-lima tahun
mendatang. Kendaraan pribadi tetap membanjiri jalan di Jakarta dan
sekitarnya. Jalan tol bukan lagi jalan bebas hambatan, lalu akan makin
banyak orang yang stres dengan kemacetan lalu lintas. Dan, Jakarta
akan dicap sebagai kota dengan layanan transportasi paling buruk di
Asia Tenggara.

Bangkok dan Kuala Lumpur yang dulu sama dengan Jakarta
kini sudah memiliki MRT. Padahal, sejak 17 tahun lalu, Jakarta sudah
punya rencana membangun MRT dengan rute Blok M-Kota. Entah kenapa,
pemerintah tak pernah mampu merealisasikannya.
Apakah rencana pembangunan MRT kali ini juga sekadar wacana?

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tentu tak ingin sekadar mengucap janji
manis. Dia memastikan pembangunan konstruksi dimulai pada tahun 2009.
“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membentuk perusahaan
operator mass rapid transit atau MRT yang dinamakan MRT Corporation.
Saat ini Pemprov masih mencari orang yang berkompeten untuk menduduki
jabatan direktur utama perusahaan gabungan antara Pemprov DKI dan
Departemen Perhubungan,” kata Fauzi Bowo dalam percakapan dengan
Kompas di Balaikota DKI, Kamis (6/3) pagi.

Pembiayaan
Bagaimana dengan soal pembiayaan? Apakah nasibnya sama dengan
proyek monorel yang kini menyisakan tiang-tiang dengan beton berkarat
dan mengganggu pemandangan, bahkan memacetkan Jakarta?
Soal biaya, Fauzi Bowo menegaskan kembali pembiayaan pembangunan
MRT tidak ada masalah karena pinjaman Japan Bank for International
Cooperation (JBIC) dipastikan turun karena sudah ada hitam di atas
putih.

“Saat ini kami masih mencari orang yang layak menduduki jabatan
direktur utama. Orang inilah yang akan menangani proyek MRT Lebak
Bulus-Dukuh Atas,” kata Fauzi.

MRT Corporation, penyelenggara MRT itu, akan menerapkan mekanisme
one window sebagai organisasi pelaksana dan memastikan adanya
integrasi yang konsisten mulai dari tahap perencanaan, tahap
konstruksi, sampai pada tahap operasi dan pemeliharaan. MRT
Corporation ini akan merekrut 20 sampai 40 pimpinan agar perusahaan
yang berstatus badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta ini dapat
beroperasi mulai April 2008.

Proyek MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas sepanjang 14,3 kilometer ini
dibiayai melalui pinjaman JBIC sebesar 96.082.000.000 yen Jepang,
dengan catatan nilai kurs 1 yen pada posisi Rp 80. Pinjaman tahap
pertama yang sudah ditandatangani sebesar 1.869.000.000 yen digunakan
untuk kegiatan engineering service MRT, sedangkan pinjaman tahap kedua
akan ditandatangani pada tahun 2009 dengan nilai 94.213.000.000 yen
untuk pembangunan fisik atau konstruksi MRT.

Komposisi pembagian beban pembiayaan yang disepakati adalah 42
persen biaya proyek menjadi kewajiban pemerintah pusat dan 58 persen
biaya proyek menjadi kewajiban Pemprov DKI Jakarta. Biaya proyek ini
akan diteruskan melalui skema penerusan pinjaman atau sub-loan
agreement (on lending) dari pemerintah pusat melalui pinjaman tahap
kedua.

Selain bertanggung jawab atas 58 persen biaya proyek, Pemprov DKI
Jakarta juga memiliki kewajiban terhadap pembebasan tanah di sepanjang
jalur MRT yang membutuhkan dana Rp 160 miliar, melakukan penetapan
skema subsidi, serta working capital MRT Corp pada tahap rekayasa
desain, konstruksi, dan tahun pertama operasi hingga tahun 2014 dengan
biaya sekitar Rp 365 miliar.

12 stasiun
Berapa stasiun pemberhentian yang akan dibangun pada ruas Lebak
Bulus hingga Dukuh Atas? Proyek MRT sepanjang 14,3 kilometer ini
direncanakan memiliki 12 stasiun pemberhentian, terdiri atas delapan
stasiun layang dan empat stasiun bawah tanah. Delapan stasiun layang
berlokasi di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A,
Blok M, Sisingamangaraja, dan Senayan. Stasiun bawah tanah berlokasi
di Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, dan Dukuh Atas. Satu depo akan
dibangun di Terminal Lebak Bulus.

Kecepatan rata-rata MRT direncanakan 32 kilometer per jam, dengan
waktu tempuh Lebak Bulus hingga ke Dukuh Atas 26 menit. MRT ini
memiliki kapasitas angkut 23.000 penumpang per jam untuk satu arah,
dan sekitar 400.000 penumpang per hari. Kapasitas angkut penumpang
pada tahun 2020 diestimasi mencapai 315.000 penumpang per hari.
Dalam proyek MRT ini, Stasiun Dukuh Atas diproyeksikan menjadi
stasiun terbesar yang terintegrasi dengan stasiun KA Jabodetabek yang
dapat berfungsi sebagai MRT feeder, stasiun waterway, stasiun monorel
yang sudah direncanakan, stasiun busway, serta pemberhentian taksi dan
bus umum.

Sementara Stasiun Blok M akan terintegrasi dengan Terminal Blok M,
di mana bus berbagai jurusan berada di sini, dan terminal
transjakarta. Stasiun Bendungan Hilir direncanakan terkoneksi dengan
stasiun monorel di Jalan Setiabudi, sementara Stasiun Istora Senayan
akan terintegrasi dengan stasiun monorel dan pusat jasa komersial di
sekitarnya.

Stasiun Fatmawati akan memiliki kawasan tempat penitipan kendaraan
yang disebut park and ride. Warga dapat memarkirkan mobil dan motornya
di tempat penitipan ini. Stasiun ini akan terhubungkan dengan pusat
komersial Cilandak Town Square (Citos). Sementara Stasiun Lebak Bulus
akan menjadi kawasan depo MRT dan terhubung dengan terminal bus umum
dan bus transjakarta.

Kita tunggu janji Bang Fauzi Bowo dan jajaran Pemprov DKI
merealisasikan proyek MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas ini. Jangan lupa,
Bang, warga Jakarta sudah muak dengan kondisi kemacetan di kota ini.

FOTO di blog ini contoh MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas, yang segera dibangun tahun 2009 mendatang.

One response to “Transportasi Kota: Pembangunan MRT Lebak Bulus-Dukuh Atas Dimulai 2009

  1. Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulationsđŸ™‚. I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Servidor, I hope you enjoy. The address is http://servidor-brasil.blogspot.com. A hug.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s