Pilkada Kabupaten Tangerang: Ismet Iskandar dan Rano Karno

Kolom Blog Adhi Ksp

Pilkada Kabupaten Tangerang: Ismet Iskandar dan Rano Karno

Pilkada Kabupaten Tangerang digelar hari Minggu 20 Januari 2008 lalu. Inilah kali pertama digelar Pemilihan Kepala Daerah secara langsung di Kabupaten Tangerang.Sejak pagi warga sudah mendatangi Tempat Pemungutan Suara atau TPS, untuk menggunakan hak pilih. Tapi ternyata tidak semua warga antusias mencoblos. Ada banyak alasan, tapi yang utama data pemilih tidak akurat.

Tiga calon kepala daerah di Kabupaten Tangerang adalah Ismet Iskandar berpasangan dengan Rano Karno. Ismet adalah incumbent Bupati Tangerang. Pasangan kedua adalah Usamah Hisyam dan Habib Ali Alwy Al Husainy. Usamah tinggal di Puspita Loka BSD. Pasangan ketiga adalah Jazuli Juwaini dan Airin Rachmi Diany. Airin tinggal di Alam Sutera, Serpong.

Sejak awal saya sudah menjagokan Ismet Iskandar dan Rano Karno akan memenangkan Pilkada Kabupaten Tangerang ini. Mungkin karena saya tahu Ismet Iskandar sejak dia masih Kabag Humas Pemkab Tangerang tahun 1988 atau 20 tahun yang lalu.Ismet birokrat yang merintis kariernya dari bawah, sama seperti Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang sekarang. Dulu Wahidin Lurah Pinang di Cipondoh.Kembali ke Ismet.

Keputusan Ismet memilih Rano Karno sebagai pasangan merupakan pilihan strategis dan tepat. Sebab tidak dipungkiri, Rano masih digemari dan punya banyak penggemar. Kemungkinan besar Ismet dan timnya memilih Rano setelah muncul nama Airin Rachmi Diany, yang wajahnya menghiasi spanduk-spanduk di wilayah Serpong.

Ketika Airin berkunjung ke Redaksi Kompas beberapa waktu lalu, saya termasuk yang menyambutnya. Airin, sarjana Universitas Katolik Parahyangan Bandung, dan pernah jadi Putri Pariwisata Jawa Barat. Airin ternyata adik ipar Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Banten sekarang. Waktu itu saya pernah bilang padanya, dia bakal tersaingi oleh popularitas Rano Karno. Kemunculan Airin sebagai perempuan muda dan cantik, membuat banyak orang mencari tahu siapa dia gerangan.

Tapi masyarakat akar rumput di pelosok Kabupaten Tangerang lebih kenal Ismet Iskandar dan Rano Karno. Ismet sebagai birokrat sudah dikenal lama, sedangkan Rano Karno? Siapa tak kenal Si Doel?

Jadi wajar kalau akhirnya perolehan suara Ismet-Rano jauh di atas dua pasangan lainnya. Pasangan Jazuli-Airin yang semula diprediksi akan “mendekati” angka Ismet-Rano, ternyata hanya memperoleh 38 persen, sedangkan Ismet-Rano sudah lebih 50 persen dari jumlah pemilih 2,2 juta jiwa.Minggu sore, setelah tahu quick count LSI bahwa Ismet-Rano unggul, saya menghubungi Ismet melalui telepon selulernya, sekaligus mengucapkan selamat.

Saya kenal Ismet sejak 20 tahun lalu ketika Serpong masih hamparan hutan karet. Ismet paham betul seluk-beluk Kabupaten Tangerang. Dari Teluk Naga, Kresek, Kronjo di pesisir utara, sampai Cikupa, Balaraja, Tigaraksa di tengah, dan Serpong, Pondok Aren, Ciputat, Pamulang di selatan.

Meskipun KPU belum mengumumkan secara resmi hasil Pilkada Kabupaten Tangerang, saya tetap mengucapkan selamat kepada Ismet Iskandar dan Rano Karno. Kita tunggu karya-karya terbaik pasangan ini untuk masyarakat Kabupaten Tangerang dalam lima tahun ke depan. Dalam zaman transparan seperti ini, masyarakat ikut mengawasi langkah-langkah yang dilakukan Ismet-Rano. Semoga sukses membangun Kabupaten Tangerang!

Serpong, 24 Januari 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s