Kolom Blog Adhi Ksp: Semua Informasi Ada dalam Genggaman Tangan


Kolom Blog Adhi Ksp

Semua Informasi Ada Dalam Genggaman Tangan

BERKAT perkembangan teknologi yang semakin hari makin canggih, kini semua informasi dapat kita peroleh dalam waktu singkat, hanya dari genggaman tangan. Tak perlu lagi lewat PC, dan cukup dari ponsel. Dari ponsel, kita dapat mencari informasi apapun yang kita inginkan. Untuk ponsel-ponsel high-end, fasilitas itu sudah dipasang sehingga pengguna ponsel dapat memanfaatkannya dengan cepat.

Pada N95 8GB misalnya, ada fasilitas Search, pencarian di internet, baik lewat Yahoo! maupun Live Search. Bahkan pada device ini, kita dapat mendownload aplikasi YouTube sehingga pengguna N95 8GB dapat menonton video di YouTube dari ponsel. Dari N95 8GB, kita pun dapat meng-upload foto-foto yang kita ambil langsung ke flickr dan ke vox.

Lalu bagaimana dengan Google Search Engine? Industri seluler dari Finlandia, Nokia pertengahan Februari 2008 lalu mencapai kata sepakat dengan Google Inc, akan memasukkan aplikasi Google Search Engine ke dalam ponsel-ponsel high-end terbarunya, seperti Nokia N96, N78, Nokia Navigator dan Nokia 6110. Google Search Engine sudah ada pada Nokia Internet Tablet.

Sedangkan Yahoo! pada pertengahan Februari ini juga menjalin kerja sama dengan T-Mobile, operator jaringan ponsel yang bermarkas di Bonn, Jerman. Ini artinya jutaan pengguna ponsel lewat operator T-Mobile di Eropa dapat dengan mudah mengakses informasi apapun dengan Yahoo OneSearch, mulai akhir Maret 2008 mendatang.

Masa depan industri seluler dunia tampaknya bagaimana mereka melakukan inovasi, memudahkan pengguna ponsel melakukan aktivitas, hanya dari genggaman tangan.Pada masa lalu, kita harus mencari informasi apapun, dengan mendatangi perpustakaan. Kita harus menjadi anggota perpustakaan dahulu dan meminjam buku yang diinginkan. Atau kita membeli buku dari toko buku. Lalu setelah internet hadir, kita mencari lewat PC.

Tapi sekarang informasi apapun, dapat kita peroleh hanya dari genggaman tangan, berkat kian berkembangnya industri seluler. Nokia termasuk yang paling responsif dengan mengeluarkan produk-produk high-end untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Di Indonesia, kebutuhan mengakses informasi dari genggaman tangan, sudah mulai terasa, seiring meningkatnya penjualan produk ponsel high-end. Salah satu indikatornya, Nokia Communicator selalu laris dan diincar pembeli. Produk high-end seperti NSeries terbaru, N95 dan N95 8GB malah menyebut diri sebagai komputer multimedia dalam genggaman tangan.

Nokia tahu betul bagaimana memanjakan pengguna NSeries. Di Indonesia, Nokia menyediakan fasilitas gratis wi-fi di sejumlah lokasi publik mulai dari kafe, resto, mal, kampus, perkantoran, ruang publik, khusus bagi pengguna NSeries. Nokia bekerja sama dengan sejumlah penyedia layanan internet di Indonesia. Wi-fi memang sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Cukup banyak gedung perkantoran di Jakarta dan sekitarnya, dan kota-kota lainnya, menyediakan fasilitas wi-fi. Dengan wi-fi gratis di mana-mana, akses informasi dapat dilakukan di manapun dan kapanpun.

foto di blog ini dikutip dari msn.news.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s