Resensi Blog Indonesia: Andi Suruji dan Kompas100

Resensi Blog Indonesia

Andi Suruji dan Kompas100

oleh Robert Adhi Ksp

KOMPAS100 merupakan salah satu indeks harga saham yang memuat 100 jenis saham blue chips yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (dulu Bursa Efek Jakarta). Ketika diluncurkan 10 Agustus 2007, indeks berada di posisi 563,464. Blog ini diasuh wartawan KOMPAS Andi Suruji, (dis@kompas.com).

Andi Suruji mengumpulkan tulisannya tentang Kompas100 di dalam blognya. Meskipun tulisan ini dapat pula dibaca di Harian Kompas, toh banyak orang tetap mencari klipingnya. Kehadiran blog Kompas1oo yang diasuh Andi Suruji ini, akan memuaskan penggemar Kompas100.

Mengapa Andi Suruji membuat blog? Salah satu alasannya adalah, “Saya bercita-cita membuat artikel-artikel tentang ekonomi mudah dipahami masyarakat awam. Termasuk memudahkan orang membaca segala sesuatu tentang Indeks KOMPAS100,” demikian tulisnya.

Simak tulisan Andi seputar Indeks Kompas100 ini. “Sebagaimana indeks lainnya, seperti indeks harga saham gabungan (IHSG) dan LQ45, indeks Kompas100 yang memuat 100 saham unggulan di BEJ juga merupakan acuan dalam melihat arah pergerakan pasar dan acuan investor dalam mengatur portofolio investasi sahamnya. Sebelum menekan bel perdagangan, Jakob Oetama menyatakan, peristiwa tersebut penting artinya bagi Kompas karena ini merupakan kehormatan bagi Kompas yang dipercaya untuk digunakan namanya sebagai acuan, indeks di bursa saham,” tulis Andi yang pernah menjadi Editor Desk Ekonomi Kompas ini.

Andi mengutip ucapan Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama. “Setiap kehormatan adalah tanggung jawab. Kompas ikut menjadi bagian dari pasar modal adalah suatu kepercayaan. Dan, kepercayaan itu harus diuraikan dalam pekerjaan profesional (jurnalistik), yakni akurasi. Semoga Kompas tidak mengecewakan Saudara sekalian,” ujar Jakob disambut tepuk tangan pialang di lantai bursa. Lembaga swasta, seperti halnya BEJ dan Kompas, menurut Jakob, merupakan salah satu pilar kemajuan ekonomi bangsa. Bursa efek, salah satu unsur dalam pilar tadi, berperan mendorong perusahaan negara ataupun swasta untuk berperan dalam kemajuan perekonomian.

Kehadiran blog Indeks-Kompas100 ini menjadi dokumen dan kliping online yang bermanfaat. Jika Anda termasuk mengikuti perkembangan saham, Anda layak mengikutinya pula di blog ini.

Langkah yang diambil Andi Suruji dan editor senior lainnya untuk memiliki blog, patut diikuti oleh wartawan dan editor lainnya, bukan hanya di Kompas tetapi juga di media lainnya. Sebaiknya, tulisan-tulisan seputar saham, juga ditulis dalam versi blog, yang mungkin lebih transparan. Seperti halnya blog milik wartawan senior di media asing, blog-blog yang dibuat jurnalis senior dari media massa di Indonesia akan mewarnai dunia blog negeri ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s