Fukuoka Motor Show 2007: Mobil Futuristik yang Ramah Lingkungan

KOMPAS
Otomotif

Rabu, 19 Desember 2007

Fukuoka Motor Show 2007:

Oleh R Adhi Kusumaputra

Fukuoka Motor Show untuk kali pertama digelar pada tanggal 7-10 Desember 2007. Yang menarik, dalam pameran otomotif itu ditampilkan mobil-mobil futuristik yang ramah lingkungan.

Prefektur Fukuoka selama ini dikenal sebagai lokasi industri otomotif Jepang terkemuka, seperti Toyota, Daihatsu, dan Nissan. Setiap tahun, sebanyak 1,5 juta unit kendaraan diproduksi di Fukuoka.

Industri otomotif yang bermarkas di Fukuoka itu kini bekerja keras dengan teknologi baru, khususnya memfokuskan diri pada produksi kendaraan yang ramah lingkungan.

Fukuoka Motor Show 2007 diikuti 17 produsen otomotif dari Jepang dan Italia dan menampilkan 160 mobil. Mobil-mobil terbaru dan mobil konsep futuristik ditampilkan dalam pameran mobil yang mengambil lokasi di Marine Messe Fukuoka, Fukuoka International Congress Center, Fukuoka Sun Palace, dan Fukuoka Kokusai Center itu.
Industri otomotif Jepang saat ini memang mengembangkan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan.

Menurut General Manager Japan Automobile Research Institute, Fuel Cell (FC)-EV Center, Takakuni Iwase, kepada peserta Asian City Journalist Conference (ACJC) di Fukuoka, 8 Desember lalu, sejak tahun 2000, kendaraan ramah lingkungan mulai digagas. Kini, industri otomotif terkemuka mulai dari Toyota, Nissan, Honda, Mazda, Mitsubishi, Subaru, Daihatsu sampai Suzuki sudah menciptakan mobil-mobil ramah lingkungan. Beberapa di antaranya masih dalam bentuk mobil konsep.

Pemerintah Jepang memang membuat proyek khusus yang dinamakan Japan Hydrogen & Fuel Demonstration Project (JHFC) yang dilaksanakan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, Japan Automotive Research Institute, dan Engineering Advancement Association of Japan.

Tahun 2006, dari proyek ini muncul Toyota FCHV, Nissan X-Trail FCV, Honda FCX, Toyota/Hino FCHV-Bus, Suzuki MRwagon-FCV, Mazda RX-8 Hydrogen RE, bahkan juga Daimler Chrysler F-Cell dan GM HondaGen3. Kendaraan-kendaraan ini ditampilkan dalam Fukuoka Motor Show 2007.

Saat ini, sudah tersedia 13 stasiun pengisian hidrogen di seluruh Jepang, untuk memenuhi kebutuhan mobil-mobil futuristik yang ramah lingkungan itu.

Mobil hibrida
Toyota Motor Kyushu Inc akan memproduksi 1 juta unit mobil hibrida setiap tahun dalam tahun 2010-2015. “Harga mobil hibrida 1,2 kali lebih mahal daripada harga mobil pada umumnya. Jepang akan memproduksi mobil hibrida karena kesadaran mendesaknya udara yang bersih dari polusi, makin kuat di negeri ini. Mobil hibrida sudah diterima pasar global. Masyarakat global yang peduli lingkungan makin banyak dan meluas,” kata Assistant General Manager Public Affairs Department Toyota Motor Kyushu Inc, Fuminori Itou, Miyata-Cho, Kurate-Gun, Fukuoka, 7 Desember 2007.

Dalam Fukuoka Motor Show, Toyota menampilkan mobil konsep Hi-CT yang pas untuk anak-anak muda, FT-MV atau Future Toyota Mini Van sebuah minivan generasi mendatang mewah dan Crown Hybrid Concept yang terinspirasi dari sedan mewah Crown. Toyota juga menghadirkan Lexus LF-Xh dan IS-F, sedan-sedan mewah Lexus pada masa depan.

Salah satu konsep mobil dari Toyota yang ramah lingkungan adalah i-REAL, kendaraan tunggal yang dapat digunakan di area pedestrian, mudah diparkir dan ramah lingkungan.

Nissan juga menampilkan PIVO2, kendaraan elektrik yang juga ramah lingkungan. Juga jenis Round Box dan sedan Intima serta NV 200 yang pas untuk profesional aktif. Honda tak mau kalah menghadirkan PUYO yang membawa konsep bersih, menyenangkan, dan aman.

Mazda tampil dengan mobil futuristik, yaitu Mazda Nagare dan Mazda Hakaze. Yang menarik, Mazda memperkenalkan konsep mobil hibrida yang akan diluncurkan pada tahun 2008.
Mitsubishi juga memperkenalkan I MiEV Sport dan ZT-2 yang ramah lingkungan.

foto contoh mobil futuristik di Fukuoka Motor Show 2007. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s