Fukuoka Gelar Pameran Mobil Pertama


KOMPAS CYBER MEDIA
Minggu, 9 Desember 2007,
Pukul 05.25 WIB

Laporan Wartawan Kompas R. Adhi Kusumaputra dari Fukuoka, Jepang

Fukuoka Gelar Pameran Mobil Pertama

FUKUOKA, KOMPAS – Fukuoka menggelar pameran mobil pertama dalam acara Fukuoka Motor Show 2007 di empat lokasi sejak 7-10 Desember 2007. Acara ini digelar oleh Pemerintah Prefektur Fukuoka, Pemerintah Kota Fukuoka, dan Suratkabar The Nishinippon Shimbun.


Sebanyak 160 mobil dipamerkan dalam Fukuoka Motor Show 2007 di Marine Messe, Fukuoka International Congress Center, Fukuoka Sun Palace, dan Fukuoka Kokusai Center.

Sebanyak 17 perusahaan otomotif dari Jepang dan Italia menggelar pdoduk mereka, termasuk yang masih konsep dan belum masuk pasaran. Beberapa di antaranya produk otomotif ramah lingkungan, dan diproyeksikan sebagai mobil masa depan. Perusahaan otomotif itu antara lain Toyota Motor, Nissan Motor, Honda Motor dari Jepang, dan Ferrari dari Italia.

Sejumlah mobil konsep masa depan digelar dalam Fukuoka Motor Show 2007 ini. Toyota misalnya memamerkan Hi-CT, FT-MV, Crown Hybrid Concept, Lexus LF-Xh dan IS F, serta konsep mobil single i-REAL. Sedangkan Nissan memamerkan produk otomotif masa depannya yaitu PIVO 2, Round Box, Intima dan NV200.

Honda memamerkan CR-Z dan PUYO, Subaru menggelar mobil masa depan EXIGA dan G4e, Daihatsu juga memamerkan OFC-1, MUD Master C, Suzuki dengan Kizahi2 dan XHead, sedangkan Mazda dengan New Mazda Premacy Hydrogen RE Hybrid, Maza Nagare dan Hakaze dan Mitsubishi dengan I MiEV Sport dan Mitsubishi Concept ZT2.

Mobil-mobil masa depan yang ramah lingkungan ini hasil riset dan teknologi, Japan Automobile Research Institute.

Sebanyak satu juta mobil diproduksi di Prefektur Fukuoka, Jepang. Fukuoka dikenal sebagai pulau otomotif di Jepang, di mana saat ini terdapat 1,5 juta mobil di kawasan ini. Toyota dan Nissan memiliki pabrik di Fukuoka. Keduanya mengembangkan teknologi baru, khususnya yang ramah lingkungan.

Peserta Asian City Journalist Conference Part II diajak melihat konsep produk otomotif Jepang yang ramah lingkungan. Di masa depan, di mana isu global warming makin menguat, mobil-mobil ramah lingkungan inilah yang ditonjolkan.

Foto oleh Robert Adhi Kusumaputra/Kompas Daily. Foto-foto Fukuoka Motor Show selengkapnya klik http://www.flickr.com/robertadhiksp

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s