Resensi Blog Indonesia: James Luhulima, Seputar Otomotif

Resensi Blog Indonesia

James Luhulima, Seputar Dunia Otomotif

oleh Robert Adhi Ksp

Jika Anda penggemar otomotif, Anda perlu membaca blog James Luhulima. Blog yang dibuat oleh jurnalis dan redaktur senior Kompas ini membuat artikel seputar dunia otomotif. Menurut JL, panggilan akrabnya, “Blog ini dibuat untuk menampung tulisan-tulisan otomotif saya yang tidak sempat termuat (karena satu dan lain hal), atau yang telah dimuat di harian Kompas.”

Blog ini memuat laporan James Luhulima, perjalanannya melakukan test-drive mobil-mobil baru, meliput pameran otomotif di berbagai negara, termasuk yang paling baru yaitu Tokyo Motor Show 2007. “Ada hal yang menarik dari Tokyo Motor Show 2007. Hampir semua perusahaan pembuat mobil asal Jepang memajang mobil listrik konsep tulen, mobil konsep hybrid plug-in, dan mobil konsep fuel cell, di stan mereka. Hal itu tidak aneh karena sama dengan tahun-tahun sebelumnya, Tokyo Motor Show 2007 tetap konsisten dalam mengusung isu mobil-mobil yang ramah dengan alam,” demikian tulis JL.

Mengapa James Luhulima menulis otomotif? Menurut James Luhulima, membicarakan mobil memang tidak ada habis-habisnya. Bahkan, istilah the sky is the limit pun tidak berlaku pada saat orang membicarakan mobil, mengingat akhir-akhir ini juga diproduksi mobil-mobil yang sudah melampaui kodratnya sebagai sarana transportasi. Dalam perkembangannya,mobil-mobil yang diproduksi, bukan lagi hanya mobil-mobil yang sekadar merupakan sarana transportasi, melainkan juga mobil-mobil yang mewah dan nyaman yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk menopang gaya hidup pemiliknya, atau bahkan menjadi simbol status bagi pemiliknya, simbol daripada sebuah status atau pencapaian hidup pemiliknya.

Blog ini menjadi lebih menarik karena dilengkapi dengan foto-foto. Pengunjung blog James Luhulima akan dapat melihat foto-foto berbagai jenis mobil baru seperti Honda FCX Clarity, mobil fuel cell Honda generasi pertama, yang sama sekali tidak mengeluar emisi (zero emission) yang akan dipasarkan tahun 2008. Juga ada mobil baru lainnya seperti LS460 L, flagship dari sedan-sedan keluaran Lexus, mobil papan atas Toyota.

Bagi penggemar dan pengamat otomotif, blog James Luhulima ini bisa menjadi dokumen yang dapat dibaca ulang. Jika Anda penggemar dan pengamat otomotif, isi blog ini dapat menjadi salah satu referensi.

Saya kira apa yang telah dilakukan sejumlah jurnalis dan redaktur senior Kompas ini patut ditiru oleh para jurnalis lainnya di Indonesia. Sebelumnya arsip artikel dan laporan di media massa, digunting dari lembaran kertasnya, lalu beberapa tahun kemudian kertasnya sudah lusuh dan berwarna kuning-coklat. Kini kliping-kliping online yang termuat di dalam blog, akan lebih berguna. Apalagi mengingat kini dunia digital media sudah di depan mata. Membuat blog adalah cara paling pas meng-kliping artikel-artikel informatif yang bermanfaat dan memberikan pencerahan bagi banyak orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s