Resensi Blog Indonesia: (5) A Fatih Syuhud: Refleksi dan Blog Tutorial

Resensi Blog Indonesia

(5) A Fatih Syuhud: Refleksi dan Blog Tutorial

oleh Adhi Ksp

Nama A Fatih Syuhud sudah lama dikenal dalam dunia blog Indonesia. Blognya, selain berisi tulisan-tulisan refleksi mengenai berbagai isu kebudayaan, sosial, dan Islam, juga berisi panduan bagi blogger pemula. Semula Fatih Syuhud menggunakan blogger.com (blogspot). Namun menurut Fatih, blognya mengandung spam sehingga dia memindahkan isi blognya ke blog ini.

Fatih Syuhud, mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Politik, Universitas Agra, India termasuk penulis opini yang cukup produktif. Tulisannya tersebar di sejumlah media massa nasional. Selain berisi kliping online, blog Fatih Syuhud memuat tulisan reflektif, yang pantas dibaca. Salah satu tulisan terbarunya “Korupsi itu Halal, Bung!” mengingatkan pembaca blognya tentang kebiasaan orang Indonesia melakukan korupsi.

“Di Indonesia, korupsi itu halal, malah terkadang membanggakan. Lihat saja, para koruptor yang diperiksa kejaksaan atau yang sudah resmi masuk penjara (lapas), tidak ada dari mereka yang menutup wajahnya di depan kamera wartawan media cetak atau televisi. Mereka malah menebar senyum. Sebagian dari mereka yang muslim malah memakai baju koko ala jamaah shalat Jum’at (mestinya pake kaos panjang loreng hitam putih seperti maling di kartun-kartun). Dengan baju putih itu, mungkin mereka ingin mengatakan bahwa korupsi yang mereka lakukan itu halal, toh masyarakat tidak ribut dan semua kebagian. Bandingkan misalnya dengan maling ayam, jambret, pencopet, PSK (saya lebih suka menyebutnya WTS) dan perampok yang selalu menutup wajah kala menghadap kamera wartawan,” demikian tulis Fatih Syuhud.

Namun Fatih tak hanya menulis isu-isu “serius” dalam blognya. Dia juga menulis soal wanita cantik. Pertama-tama perlu jelas dulu kriteria cantik. Bagi saya persyaratan kecantikan adalah … a woman, with inner qualities at least should have these following qualities: Admired by people around her not for her physical appearance, rather for her personality- People feel comfortable talk to her and sit down around her- Having good self-esteem, self-respect and loyalty- Humble and honest. Nah, jadi jelas yang saya maksud dengan wanita cantik di sini penekanannya adalah kecantikan “dalam”.

Fatih juga pemerhati internet. Dalam blognya, dia mengingatkan bahwa saat ini sudah hadir FastNet yang koneksinya lebih cepat dan lebih murah dar Speedy. Blog Fatih juga memuat tulisan psikologi seperti “Pujian pada Anak, Perlukah”, mengacu pada pengalaman pribadinya. Suatu saat Fatih memberi tips dan tutorial kepada blogger pemula, yang di antaranya banyak menjadi pembaca setianya.

Apapun isi blog Fatih, topik apapun yang dibahasnya, tulisannya selalu menarik untuk dibaca. Saya sarankan kepada Anda untuk selalu menjadi pembaca setia blog A Fatih Syuhud, yang pernah masuk dalam daftar sepuluh besar blogger paling top di Indonesia versi Majalah Tempo.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s