Kolom Blog Adhi Ksp: Apa Arti Sukses bagi Anda?

Kolom Blog Adhi Ksp

Apa Arti Sukses Bagi Anda?

Kita sukses apabila kita sampai pada pencapaian tertinggi apa pun dalam diri kita – ketika kita memberikan yang terbaik dari apa yang kita miliki. Kesuksesan adalah suatu proses, bukan hasil akhir. Kehidupan tidak menuntut kita untuk selalu berada di puncak. Yang diharapkan adalah bahwa kita mengerjakan yang terbaik sesuai dengan tingkat pengalaman kita. (Hal Urban)

Apa artinya menjadi sukses bagi Anda, kita? Bagi sebagian orang, sukses mungkin identik dengan memiliki mobil mewah, jabatan dan memiliki banyak uang. Definisi sukses seperti ini sebetulnya hal yang semu. Sebab banyak orang yang menganggap diri “sukses” dengan memegang definisi itu, malah ternyata koruptor. Contoh ini dapat kita lihat dari sejumlah pejabat yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gelimangan uang yang dimiliki, ternyata hasil korup.

Definisi “sukses” sesungguhnya bukanlah memiliki harta atau tahta. Dr Hal Urban, doktor psikologi dari Universitas San Francisco dan Universitas Stanford Amerika Serikat dalam bukunya yang mengguncang dunia, yang bertajuk Life’s Greatest Lessons: 20 Things That Matter menulis ihwal apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses dalam beberapa wilayah terpenting kehidupan.

Pertama, orang-orang sukses menerima kehidupan apa adanya, dengan segala kesulitan dan tantangannya. Mereka tidak mengeluh melainkan beradaptasi dengan keadaan. Daripada menyalahkan situasi atau berdalih, mereka menerima tanggung jawab atas kehidupan mereka sendiri. Mereka mengatakan “ya” kepada kehidupan meskipun ada unsur-unsur negatifnya dan mengupayakan yang terbaik, apa pun situasinya.

Kedua, orang-orang sukses mengembangkan dan mempertahankan sikap positif terhadap kehidupan. Mereka mencari hal yang baik dalam diri orang lain dan dunia, dan tampaknya mereka selalu menemukannya. Mereka melihat kehidupan sebagai serangkaian kesempatan dan kemungkinan, dan mereka selalu mengeksplorasi kesempatan dan kemungkinan tersebut.

Ketiga, orang-orang sukses membina hubungan baik. Mereka peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Mereka penuh tenggang rasa dan penuh hormat terhadap orang lain. Mereka punya cara untuk menampilkan sesuatu yang terbaik dari diri orang lain.

Keempat, orang-orang sukses mempunyai orientasi arah dan tujuan. Mereka tahu kemana tujuan mereka, menetapkan sasaran, mencapainya dan kemudian menetapkan sasaran baru. Mereka menerima dan menikmati tantangan-tantangan.

Kelima, orang-orang sukses mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar tentang kehidupan, dunia dan diri mereka sendiri. Mereka melihat proses belajar sebagai suatu kegembiraan, bukan beban. Mereka terus-meneris memperkaya kehidupan mereka dengan mempelajari hal-hal baru dan menyempurnakan diri mereka. Orang-orang sukses selalu menemukan hal-hal baru dan mengembangkan diri.

Keenam, orang-orang sukses adalah orang-orang yang selalu melakukan tindakan. Mereka selalu menyelesaikan masalah karena mereka tidak takut kerja keras, dan mereka tidak menyia-nyiakan waktu. Mereka melakukan tindakan dengan cara membangun. Mereka tidak terjebak dalam rutinitas ataupun bosan karena mereka terlalu sibuk mencari pengalaman-pengalaman baru.

Ketujuh, orang-orang sukses selalu memelihara standar tinggi dalam perilaku personalnya. Mereka tahu kejujuran adalah bahan dasar utama bagi karakter seseorang yang baik. Mereka secara konsisten berlaku jujur, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial mereka.

Kedelapan, orang-orang sukses menghasilkan yang terbaik dalam kehidupan mereka. Mereka menuai apa yang mereka tanam dan mereka menikmati kehidupan mereka seutuhnya.

Saya sengaja mengutip buku Hal Urban dalam blog ini. Saya sependapat dengan apa yang disampaikannya. Sikap dasar saya dalam memandang kehidupan adalah mengembangkan dan mempertahankan sikap positif, mencari hal yang baik dalam diri orang lain dan saya selalu menemukannya.

Menjadi jurnalis, menjelajahi banyak tempat di pelosok Indonesia dan mancanegara, dan menulis berbagai pengalaman dan perjalanan itu merupakan berkah bagi saya. Jika Anda bertanya, apakah saya sukses menjadi jurnalis? Bagi saya, yang terpenting adalah saya bersyukur dan mencintai pekerjaan sebagai jurnalis. Itulah definisi sukses, menurut pendapat saya. Setiap hari saya menikmati pekerjaan ini, prosesnya dan hasilnya. Dan seorang jurnalis selalu dilihat dari karya-karya, tulisannya.

Biarkan kita menjadi segala sesuatu yang sesuai dengan kemampuan yang diberikan pada saat kita diciptakan (Thomas Carlyle)

Iklan

One response to “Kolom Blog Adhi Ksp: Apa Arti Sukses bagi Anda?

  1. ulasan yang bagus mengenai orang sukses nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s