Maja Agar Dibangun, Proyek Kota Kekerabatan Maja agar Dipercepat


Pengantar

Salah satu fokus garapan kami saat menjelajah pedalaman Banten adalah Kota Kekerabatan Maja yang kini mangkrak.


KOMPAS
Metropolitan
Sabtu, 06 Oktober 2007

Maja agar Dibangun

Proyek Kota Kekerabatan Maja agar Dipercepat

Rangkasbitung, Kompas

pemerintah pusat diingatkan agar mempercepat revitalisasi kawasan Kota Kekerabatan Maja di Kabupaten Lebak, Banten, yang sudah 12 tahun ditelantarkan. Percepatan diperlukan agar 3.565,49 hektar tanah rakyat yang telah dikuasai 16 pengembang tak dibiarkan telantar seperti sekarang ini.

Ketua Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Lebak Amir Hamzah mengungkap hal itu di Rangkasbitung, Jumat (5/10). Dia dimintai konfirmasinya sehubungan dengan sejumlah kompleks perumahan di Maja yang gagal dibangun. Hampir seluruh 21 desa di Kecamatan Maja dan Kecamatan Curug Bitung (daerah pemekaran dari Maja) dikuasai 16 pengembang kawasan.

Lahan sawah, ladang atau tegalan, perkebunan rakyat, dan tanah negara di wilayah Maja jatuh ke tangan 16 pengembang besar dari Jakarta pada 2004-2006. Tanah yang dimohonkan para pengembang saat itu seluruhnya 5.796 hektar, tetapi yang sudah dibebaskan 3.565,49 hektar.
Berdasarkan pengamatan, kawasan ditata dan dikuasai pengembang, tetapi tidak ada kegiatan pembangunan di kawasan itu. Kawasan yang dikuasai PT Majasani Pratama di Desa Tanjung Sari seluas 153,89 hektar, misalnya, dibiarkan telantar, kecuali ada gapura dan tiga ruko.

Kondisi yang sama terlihat di hamparan lahan yang dikuasai PT Casso Utama di Desa Cilangka. Seluruh 48,98 hektar lahan yang dikuasai dibiarkan kosong.
M Yusuf Supiadin (38), warga yang membangun rumah di seberang gerbang Regency Maja, mengatakan, warga berharap pengembang segera membangun perumahan.

Kota Kekerabatan
Amir Hamzah mengungkapkan, sejak 1997, sebagian besar lahan di Maja dikuasai sekitar 16 pengembang. Tujuannya, membangun kompleks perumahan baru setelah pasar properti di Tangerang jenuh. Sejak 1997, konsep pengembangan Maja muncul untuk mewujudkan kota berwawasan lingkungan yang dikenal sebagai Kota Kekerabatan Maja.

Kantor Menteri Negara Perumahan Rakyat waktu itu, ungkap Amir, memiliki inisiatif untuk membangun kota baru itu yang berada dalam tiga wilayah pemerintahan, yakni Kecamatan Maja, Kecamatan Tenjo di Kabupaten Bogor, dan Kecamatan Cisoka di Kabupaten Tangerang.

Areal yang dibutuhkan sekitar 10.900 hektar dan diperkirakan dapat menampung 2,18 juta jiwa, dengan rumah yang dipersiapkan untuk dibangun ialah tipe rumah sederhana dan rumah sangat sederhana sekitar 545.000 unit secara bertahap. Namun, kondisinya menjadi suram setelah Indonesia dilanda krisis ekonomi pada 1997-1998.

Saat ini, ujar Amir, masyarakat Lebak, terutama di Maja dan sekitarnya, mengharapkan tanah yang dahulu telah dilepas kepada para pengembang itu dapat dimanfaatkan lagi.
Menurut Amir, pemerintah pusat tampaknya mulai serius kembali menata kawasan tersebut karena Menteri Negara Perumahan Rakyat Muhammad Yusuf Asy’ary telah dua kali mengunjungi Maja. (CAL/KSP)

FOTO di blog ini foto suasana hamparan tanah kosong di Maja, Lebak, Banten, oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas

Iklan

One response to “Maja Agar Dibangun, Proyek Kota Kekerabatan Maja agar Dipercepat

  1. perjalanan anda, sangat memilukan hati, mengenai keadaan daerah yang anda kunjungi. Minta saran prospek business yang dapat dilakukan di sana, mungkin tulisan anda akan berguna bagi para investor mengembangkannya daerah tersebut, karena dari tulisan anda butuh banyak uang untuk dapat mengelolah menjadi lebih baik. Jadi kasih saran uang korupsi di kelolah saja jadi business. Jadi kaya film robin hood. Karena korupsi buat kesenangan pribadi sih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s