Kolom Blog Adhi Ksp: Pagi di Pasar Flohmak

Kolom Blog Adhi Ksp

Pagi di Pasar Flohmak

Anda sudah pernah ke Pasar Flohmak? Pusat jual beli barang bekas dan barang koleksi ini berlokasi di kawasan parkir Granada Square, Kencana Loka, BSD, Tangerang, Banten. Di sini, setiap Sabtu dan Minggu, digelar lapak-lapak yang menjual barang bekas yang masih layak pakai dengan harga miring.Penggagas dan pengelola Pasar Flohmak adalah Winarto A Rasul, yang pernah bermukim di Wina, Austria selama delapan tahun. Winarto, warga Serpong ini sejak akhir April 2007 lalu membuka Pasar Flohmak dengan belasan lapak. Sekarang jumlahnya lebih dari 80.

Minat warga besar karena motif mereka membuka lapak ini sebetulnya sederhana. Mereka ingin “menghabiskan” barang-barang tak terpakai lagi di rumahnya. Sebagian lagi memang ingin berdagang. Namun sebagian besar yang membuka lapak memang warga perumahan.

Saya berkeliling dari ujung ke ujung Pasar Flohmak. Ternyata kesimpulan saya, yang menjaga lapak, ya sekeluarga. Ada bapaknya, ada ibunya, ada gadisnya, remaja laki-lakinya, keponakannya dan sebagainya. Penjual atau penjaga lapak penampilannya bersih-bersih, bermobil, bahkan ada penyewa lapak yang menurunkan barang dari sedan Mercedes atau BMW-nya.

Ada yang menjual sepatu, buku, pakaian, CD, sepeda anak, sepeda orang dewasa, jaket, topi, pernak-pernik, bahkan pernah mebel. Ibaratnya, Pasar Flohmak, pasar loak elite. Barang loak orang-orang kelas menengah, dijual dengan harga miring. Ternyata peminatnya semakin hari semakin banyak. Saya tahu persis karena saya mengamati langsung Pasar Flohmak yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal.

Hari Sabtu pagi, saya bertemu dengan Winarto A Rasul (Pengagas, Pendiri dan Pengelola Pasar Flohmak), Dhony Rahajoe (Corporate General Manager Real Estate and Property Division Sinar Mas Group) dan Adjie Ekawarman (Presiden mailing-list bsd-society), sekadar ngumpul dan ngobrol tentang perkembangan Pasar Flohmak dari hari ke hari. Gagasan Winarto diadopsi dari Floemarkt atau feamerket yang biasa digelar di negara-negara di Eropa (dan juga Amerika Serikat).

Dalam konteks ekonomi Indonesia, Pasar Flohmak bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat saat situasi masih krisis seperti sekarang. Ekonomi rakyat tetap hidup karena di sinilah transaksi bisnis yang secara nyata dibutuhkan. Kini berkembang pula ada perusahaan 3G Net yang rencananya akan memasang fasilitas wi-fi gratis di seputar Pasar Flohmak pada pekan-pekan depan. Ini kemajuan pesat.

Pasar Flohmak, kalau tetap dikelola konsisten sesuai konsep awalnya, akan menjadi salah satu ikon BSD. Sekarang saja, banyak pengunjung datang dari berbagai daerah, hanya untuk cari tahu dan belanja di Pasar Flohmak. Rencananya, selama musim liburan anak sekolah mendatang, Winarto akan buka Pasar Flohmak setiap hari khusus anak-anak. Ini pun menjadi keunikan tersendiri jika hal itu digarap serius. Selamat untuk Pak Winarto atas gagasan dan idenya yang terwujud! Semoga Pasar Flohmak sukses selalu!

Serpong, 26 Mei 2007

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s