Kolom Blog Adhi Ksp: Ardi Joanda dan Medici

Kolom Blog Adhi Ksp

Ardi Joanda dan Medici

Hari Sabtu (9/6) lalu, saya menerima SMS dari sahabat lama saya, Ardi Joanda, pengusaha muda yang pernah menjadi CEO perusahaan mebel terkenal, Da Vinci. Ardi menginformasikan pada saya bahwa perusahaan mebel baru miliknya, Medici, hari Sabtu itu melakukan pre-launching.Lokasinya di Jakarta Convention Center Senayan.

Medici, nama baru di dunia permebelan Indonesia, memperkenalkan produknya di JCC dalam Pameran Furnitur.Saya kenal Pak Ardi ketika saya bertugas di Jawa Tengah. Waktu itu Ardi meresmikan cabang waralaba Charmy Snow Ice miliknya di Plasa Simpang Lima Semarang. Waktu itu saya sempat bertanya pada Pak Ardi: mengapa jabatan CEO di Da Vinci dilepasnya, padahal dia sudah di puncak? Ardi yang sudah 12 tahun di Da Vinci itu hanya menjawab bahwa dia ingin tantangan lain, memimpikan memiliki perusahaan sendiri.

Tiga tahun kemudian, impiannya tercapai.Ketika berbicara dalam pre-launching di JCC Senayan, Ardi Joanda menceritakan nama Medici -perusahaan yang dipimpinnya, memang belum banyak dikenal di Indonesia.

Medici adalah nama keluarga bangsawan di Italia. Keluarga bangsawan Medici ini menyumbang banyak seniman Italia terkenal seperti Leonardo da Vinci, Galileo Galilei, Michael Angelo yang mempengaruhi seni dan budaya dunia. “Selama 300 tahun menguasai Florence, Italia, dari keluarga bangsawan Medici ini lahir tiga paus dan dua ratu Perancis,” kata Ardi Joanda, yang rupanya menguasai sejarah peradaban dunia. Karena itulah, Ardi mendapat inspirasi memberi nama perusahaan furnitur baru di Indonesia itu dengan nama Medici.

Lalu apa produk yang dijual Medici? Ardi Joanda yang baru pulang dari Amerika Serikat, bertemu dengan Donald Trump, orang kaya AS dan Lilian August, salah satu desainer terkemuka, menyatakan, produk Medici adalah produk Amerika, kolaborasi dengan desainer fashion terkemuka dunia. Dia menyebut merk branded seperti Walt Disney Signature, Drexel Heritage, Liz Claiborne, Palmer, Lexington, Nautica dan Lilian August. Dalam waktu dekat juga Trump Home.

Suasana pre-launching di JCC Senayan cukup unik. Anak-anak kecil bermain biola dan menyanyikan lagu. Dan tampaknya ini akan menjadi ciri khas Medici, bekerja sama dengan seniman dan budayawan Indonesia. Hadir pula Vice President International Sales of Lexington Home Brands Nautica Home, Liz Claiborne Home and Palmer Home, Art Negrin.

Saya ingat bulan Februari lalu, saya pernah bertemu dengan Ardi Joanda saat makan siang di sebuah resto di Senayan, dia menceritakan bahwa tren produk mebel kini lebih modis. Amerika melakukan itu dengan berkolaborasi dengan branded fashion terkemuka, untuk berkompetisi dengan produk mebel China yang lebih murah.

Kata Ardi, industri mebel Italia dan Spanyol juga terpukul akibat kehadiran mebel China yang relatif murah itu. Kolaborasi industri mebel Amerika dengan industri fashion branded ini ternyata memberi warna pada tren mebel yang lebih modis dan digemari masyarakat dunia. Ardi Joanda yakin produk-produk yang dibawa Medici masuk ke Indonesia ini akan digemari masyarakat Indonesia. Selamat untuk Pak Ardi Joanda dan Medici!

Serpong, 10 Juni 2007

Iklan

One response to “Kolom Blog Adhi Ksp: Ardi Joanda dan Medici

  1. sukses seseorang mungkin didukung oleh keluarga tercinta. Boleh sedikit diulas keluarga dari Bp. Ardi Joanda ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s