Nama dan Peristiwa: Johnny Andrean

Hari Kamis (28/6) lalu, ketika menghadiri peresmian Summarecon Mal Serpong di Tangerang, saya melihat Johnny Andrean, pengusaha yang sukses dengan salonnya dan kini merambah ke bisnis roti BreadTalk dan donat J.Co. Fenomena donat J.Co ini luar biasa. Antrean seringkali terlihat di gerai-gerai J.Co di sejumlah mal. Bahkan dia berencana ekspansi ke Malaysia. Luar biasa. Soalnya, biasanya justru waralaba asing yang masuk Indonesia, tapi kini J.Co yang masuk luar negeri.

KOMPAS

Sabtu, 30 Juni 2007
Halaman 32
Penulis ksp

Nama dan Peristiwa

Johnny Andrean

Bosan Dikira Waralaba

Sudah lama namanya dikenal sebagai penata rambut yang membuka sejumlah salon di Jakarta. Dialah Johnny Andrean (46). Belakangan namanya muncul sebagai pemilik beberapa gerai penjual roti dan donat.

Toko rotinya diberi merek BreadTalk. Adapun usaha donatnya, J.Co. Entah karena merek yang berbau asing atau hal lain sehingga banyak orang menyangka Johnny “sekadar” menjalankan usaha waralaba donat.

Padahal, katanya meyakinkan, “Donat itu benar-benar ciptaan saya sendiri, bukan waralaba asing. Banyak orang mengira donat itu waralaba,” kata Johnny saat menghadiri peresmian Summarecon Mal Serpong (SMS), Tangerang, Kamis (28/6).

Idenya berasal dari gaya hidup warga kota besar. “Sebagian orang Indonesia suka makan donat. Saya melihat peluang untuk menghidangkan donat dengan cara berbeda. Penyajian, atmosfer, dan tentu saja, rasa yang berbeda dan lebih bervariasi.

Kepiawaian melihat “celah” itulah yang menjadi salah satu kunci sukses bisnisnya. Pada tahun 2008 nanti, dia berencana membuka toko donat di 15 kota lagi di Indonesia. “Tahun ini, saya mau buka toko donat di Kuala Lumpur, Malaysia,” katanya optimistis. (KSP)

FOTO di blog ini foto saya bersama Johnny Andrean saat menghadiri peresmian Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Kamis (28/6).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s