Kolom Blog Adhi Ksp: Menikmati Perjalanan di Laut

Kolom Blog Adhi Ksp

Menikmati Perjalanan di Laut

Saya termasuk orang yang menikmati perjalanan di laut. Dulu, ya sudah lama banget, saya pernah ikut kapal polisi yang kapasitasnya hanya 17 orang, berangkat dari Tanjungpriok ke Batam bersama Polisi Perairan. Ini pengalaman berkesan bagi saya. Mengapa? Karena dalam 28 jam perjalanan di laut dari Tanjungpriok ke Batam itu, hanya satu jam pertama, saya bisa tertawa dan tersenyum. Selebihnya? Mabuk laut! Terutama ketika kapal polisi itu menembus Selat Bangka, yang ombaknya besar!


Itu pengalaman jurnalistik pertama saya dengan laut. Sudah lama sekali, tahun 1988 atau 1989. Waktu itu Direktur Samapta-nya Brigjen Moch Hindarto (yang kemudian menjadi Kepala Polda Metro Jaya dan sekarang sudah lama pensiun jadi polisi). Sampai di Batam, rasanya bumi tempat berpijak, masih bergoyang-goyang.


Pengalaman lain di laut, ketika bertugas di Kalimantan Barat, saya pernah menjelajahi Pulau Temajo dan salah satu pulau lainnya, tak jauh dari pantai Pasirpanjang, Singkawang. Saya menikmati perjalanan itu semua. Melihat bagaimana nelayan menangkap cumi di tengah laut. Menikmati bagaimana snorkeling di Laut China Selatan. Sungguh pengalaman yang berkesan dalam hidup saya. http://adhikusumaputra.blogspot.com/search/label/Pulau%20Temajo.
Pekan lalu, saya kembali menikmati laut. Kali ini ke Kepulauan Seribu. Selain liputan, yang saya lakukan adalah menikmati snorkeling dan scuba diving di perairan Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun. Perjalanan yang mengasyikkan dan juga menyenangkan. Bagi saya yang suka adventure, ini petualangan yang luar biasa.
Karena itu saya bersyukur, menjadi wartawan, jurnalis, saya bisa menikmati banyak hal, melakukan perjalanan yang menyegarkan. Melakukan diving, selam untuk kali pertama. Tak ada yang perlu dicemaskan setelah kita berada di bawah laut. Semua menakjubkan!
Saya suka laut. Saya suka ikan. Mungkin karena bintang saya, Pisces, simbol ikan. Tapi benar. Ketika berada di laut, di bawah laut, saya merasa memperoleh sensasi baru yang luar biasa. Sulit diungkapkan dengan kata-kata.
FOTO-foto di blog ini, foto saya bersama Prasetyo dari Antara dan Aan dari RCTI dengan latar belakang baliho Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (atas), saya bersama Pak Sumarto, Kepala TNLKS dan dua teman dari OChannel TV (tengah), dan saya sehabis diving di laut lepas, perairan Pulau Semak Daun, Kepulauan Seribu. Terpaksa buka baju dan berjemur di bawah matahari pagi (bawah).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s