Dibangun, Pusat Pengobatan Kanker Swasta Pertama

KOMPAS
Nasional
Minggu, 13 Mei 2007


Kesehatan
Dibangun, Pusat Pengobatan Kanker Swasta Pertama
JAKARTA, KOMPAS – Pusat pengobatan penyakit kanker pertama dengan peralatan lengkap dan paling mutakhir di Indonesia, Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre atau MRCCC, hari Sabtu (12/5) resmi dibangun di kawasan Semanggi, Jakarta.

Pemancangan tiang pertama (ground breaking) dilakukan Chairman Lippo Group Mochtar Riady, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo, dan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso.
MRCCC akan menjadi pusat pengobatan penyakit kanker pertama dengan peralatan lengkap di Indonesia untuk menangani berbagai macam jenis kanker.

Visi MRCCC adalah membangun rumah sakit swasta untuk kanker dan spesialis dengan standar internasional di pusat Jakarta, yang akan dicapai menggunakan alat-alat berteknologi modern dengan generasi sistem informatika terbaru.

800.000 orang per tahun
Mochtar Riady mengungkapkan, penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di Asia Tenggara. Di Indonesia, penyakit kanker menduduki peringkat keenam penyebab kematian utama. Hampir 800.000 orang Indonesia terserang beragam jenis kanker setiap tahun, tetapi, menurut Mochtar, pelayanan pengobatan penyakit ini tidak cukup tersedia di Indonesia.
“Hanya beberapa rumah sakit yang menyediakan pelayanan radiasi di Pulau Jawa. Beberapa terapi seperti radio-immunotherapy, high intensity focused ultrasound, dan cyclotron, saat ini tidak tersedia karena kurangnya fasilitas dan keahlian. Tidak ada fasilitas di Indonesia yang menyediakan positron emission tomography (PET) atau alat deteksi dini kanker secara detail dan menyeluruh,” kata Mochtar Riady.

Keterbatasan ini telah mendorong banyak penderita kanker Indonesia mencari sarana medis dan perawatan ke luar negeri, seperti di Singapura, China, Australia, dan Amerika Serikat. “Sangat masuk akal jika proyek baru pertama kami adalah pembangunan Building of Hope, yaitu Siloam Hospitals Semanggi dan Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre,” katanya.

MRCCC akan menjadi fasilitas pertama di Indonesia yang menyediakan terapi-terapi mutakhir dalam teknik pengobatan dan diagnosa kanker di dunia. Salah satu perawatan yang kali pertama disediakan adalah perawatan paliatif dan oncology wellness, sebuah fokus untuk pencegahan kanker melalui pemeriksaan kesehatan, terapi ultrasound dengan fokus berintensitas tinggi, brachytherapy, radio-immunotherapy, molecular imaging dengan cyclotron, PET/CT dan SPECT/CT, in-house percobaan klinik dan fasilitas untuk penelitian dan sistem informatika dengan PACS/ RIS terintegrasi.

“Di MRCCC, kami juga akan mengembangkan onkologi medis, terapi radiasi, dan pembedahan onkologi,” kata CEO Siloam Hospitals Group Gershu Paul.
Building of Hope atau Gedung Harapan merupakan rumah sakit spesialis setinggi 29 lantai dengan 210 tempat tidur. MRCCC akan tergabung di dalam gedung seluas 53.000 meter persegi itu. Gedung ini ditargetkan beroperasi pada Desember 2008. Lokasinya sangat dekat dengan Hotel Aston Sudirman dan Plaza Semanggi Jakarta.

MRCCC akan menyediakan pelayanan dalam pendeteksian untuk kanker payudara, kanker usus besar (kolorektal), kanker mulut rahim (serviks), kanker paru-paru, kanker di bagian kepala dan leher, serta jenis kanker lainnya. (KSP)
FOTO di blog ini, Chairman Lippo Group Mochtar Riady (ketiga dari kanan) bersama Mendiknas Bambang Sudibyo, Menkes Siti Fadilah Supari, Gubernur DKI Sutiyoso. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s