Forum Penulis Kota Malang, Komunitas Penulis Kreatif dari Kota Malang

Pengantar

Artikel ini dikirim melalui email blogadhiksp@gmail.com pada 5 Mei lalu. Maaf kepada Mas Haryo, email Anda terselip di antara spam, sehingga saya terlewat membaca surat-surat elektronik yang masuk. (Saya pun heran mengapa email ini dimasukkan ke dalam email spam oleh Gmail). Berikut ini saya muat artikel Haryo Bagus Handoko tentang Forum Penulis Kota Malang. Terima kasih kepada Mas Haryo. Salam hangat, Adhi Ksp

FPKM (FORUM PENULIS KOTA MALANG)

KOMUNITAS PENULIS KREATIF DARI KOTA MALANG

Oleh : Haryo Bagus Handoko*)

*) Penulis adalah pengurus komunitas FPKM selaku bagian informasi dan dokumentasi, selain profesinya sebagai penulis kreatif dan penulis fiksi.

Di saat begitu banyak bermunculannya komunitas penulis di negeri ini, kota Malang yang terkenal pula sebagai kota pelajar tidak mau kalah. Pada beberapa bulan yang lalu, tepatnya di bulan Oktober 2006, telah berdiri sebuah komunitas penulis di kota Malang, Jawa Timur, yang bernama FPKM (Forum Penulis Kota Malang). Forum Penulis Kota Malang (FPKM) adalah sebuah komunitas dan wadah aspirasi serta kreativitas para penulis di Kota Malang.

Berdiri pada tanggal 8 Oktober 2006, dengan anggota awal sekitar 77 orang, forum penulis ini bertekad untuk terus maju dan berkembang di masa-masa mendatang. Dengan pertemuan rutin yang diselenggarakan dua minggu sekali pada hari Minggu yang bertempat di base camp resmi yaitu di Gedung Perpustakaan Kota Malang – Jl. Raya Ijen 30A – Malang, forum ini aktif dengan berbagai kegiatan dan program kerja yang telah terjadwal dengan baik.

Berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, bedah buku, dan banyak lagi kegiatan yang aktif dilakukan setiap bulannya bertujuan untuk terus mengembangkan wawasan, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan menulis para anggotanya. Forum ini mengundang para penulis dari komunitas lain untuk juga saling bertukar pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan serta hasil karya tulisnya melalui forum ini. Forum ini juga menerima sumbangan buku karya para penulis yang ingin bukunya dibedah dalam diskusi forum ini.

Dengan anggota yang beragam yang umumnya berprofesi sebagai penulis, maupun profesi lain (dosen, wartawan, seniman, pelajar SMP hingga mahasiswa), komunitas ini tampil dengan ciri khas tersendiri yang kaya akan ide tanpa batas. Hal ini karena dengan beragamnya latar belakang pendidikan, pengalaman, maupun profesi para anggotanya menjadikan beragam pula daya kreativitas, ide, maupun hasil tulisan yang menghiasi berbagai media cetak dan majalah tanah air. Beberapa karya anggota komunitas ini bahkan sudah berkali-kali terbit dalam bentuk novel fiksi, hingga buku bertema religi. Para anggota komunitas ini secara aktif selalu mengikuti berbagai lomba kepenulisan yang diselenggarakan baik oleh komunitas lain maupun lembaga penerbitan dan lembaga pendidikan di negeri ini.

Forum Penulis Kota Malang juga turut berpartisipasi untuk menyumbang buku dalam acara sosial yang diselenggarakan oleh yayasan sosial milik Rieke Dyah Pitaloka (Oneng – Bajay Bajuri) beberapa waktu lalu, dimana Rieke bahkan menyempatkan diri untuk berkunjung ke kota Malang dan Perpustakaan Kota Malang untuk memperoleh dukungan bantuan buku-buku dari warga Malang untuk kemudian disumbangkan kepada warga korban bencana maupun korban LAPINDO. Saat itu Rieke bahkan sempat meneteskan air mata haru saat mendengarkan puisi yang dibacakan oleh salah seorang anggota Forum Penulis Kota Malang (Mbak Santi) yang kebetulan adalah juga penyandang cacat namun cukup produktif sebagai seorang penulis cerpen dan puisi.

Forum Penulis Kota Malang juga hadir di dunia maya dengan adanya situs dan blog maupun mailing list. Situs dan blog Forum Penulis Kota Malang bukan hanya melulu diperuntukkan untuk sesama anggota intern FPKM, namun juga diharapkan sebagai sarana tukar menukar informasi antar berbagai komunitas penulis di berbagai daerah di tanah air. Suatu acara atau even kegiatan yang diselenggarakan oleh suatu komunitas penulis di suatu daerah diharapkan bisa diketahui pula oleh komunitas penulis di daerah yang lain.

Untuk itulah maka Forum Penulis Kota Malang juga melengkapi dirinya dengan fasilitas mailing list yang diharapkan bisa menampung berbagai informasi dan juga sebagai sarana diskusi interaktif di dunia maya antar berbagai komunitas penulis dan juga sarana pembelajaran dan tukar menukar pikiran di antara sesama penulis.

Interaksi secara korespondensi maupun mengakses berbagai informasi terbaru bisa dilakukan melalui berbagai situs weblog pribadi para anggota dan pengurus komunitas ini. Berbagai link yang akan mengantarkan kita ke berbagai situs (situs stasiun televisi seluruh dunia, situs surat kabar seluruh dunia, situs penerbit seluruh Indonesia, situs tutorial menulis dan dunia perbukuan, hingga situs perpustakaan digital di seluruh dunia dan masih banyak lagi link-link menarik lainnya) bisa kita jumpai dalam halaman situs maupun blog Forum Penulis Kota Malang ini.

Dengan adanya situs dan blog resmi Forum Penulis Kota Malang, kita sebagai penulis bisa lebih terbuka wawasan dan juga peluangnya untuk bisa lebih mengembangkan diri dan juga berkreativitas secara produktif demi khasanah bacaan dan tulisan yang turut mewarnai negeri ini.

Forum Penulis Kota Malang (FPKM) juga meluncurkan publikasi digital dalam bentuk majalah digital (e-magazine) yang bisa didownload dari situs resminya di internet. Majalah digital Forum Penulis Kota Malang memakai format PDF, sebuah format yang cukup umum untuk sebuah majalah digital. Berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, bedah buku, dan banyak lagi kegiatan yang aktif dilakukan setiap bulannya yang bertujuan untuk terus mengembangkan wawasan, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan menulis para anggota forum ini juga diusahakan untuk senantiasa diliput dan ditulis dalam majalah digital ini. Forum ini mengundang para penulis dari komunitas lain untuk juga saling bertukar pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan serta hasil karya tulisnya melalui forum ini.

Artikel-artikel yang dinilai cukup pantas akan dimuat dalam majalah digital ini. Karena forum ini merupakan organisasi non profit kami tidak menyediakan imbalan dalam bentuk apapun untuk setiap artikel yang dimuat. Majalah digital Forum ini sifatnya hanya berfungsi untuk menjembatani segala bentuk pertukaran ilmu, pengalaman, pengetahuan, informasi terbaru dan juga ide serta saran dari para penulis yang ingin menekuni dunia tulis menulis sebagai karir profesi atau pun sekedar hobi. Majalah digital ini juga menerima sumbangan naskah karya para penulis yang ingin naskahnya dibedah dalam diskusi forum ini.

Anda bisa mengunjungi situs resmi dan blog Forum Penulis Kota Malang (FPKM) serta forum diskusi komunitas ini di internet yaitu di alamat berikut :
www.forumpenuliskotamalang.blog.com

Berbagai informasi terkini dunia kepenulisan dapat Anda akses dengan mudah di situs ini. Kesempatan untuk berbagi ilmu dan berdiskusi mengenai berbagai aspek dunia kepenulisan terbuka seluas-luasnya di forum diskusi komunitas penulis ini.

Anda bisa bergabung dengan cara mendaftarkan alamat e-mail Anda di Yahoo Group untuk memperoleh fasilitas kemudahan berdiskusi secara online. Cukup ketik link url ini di browser komputer Anda saat Anda terhubung ke internet, dan nikmati kemudahan akses informasi dan tanya jawab dengan sesama anggota komunitas ini.
http://groups.yahoo.com/group/forum_penulis_kota_malang/join

Rencananya dalam beberapa waktu mendatang, komunitas ini juga berencana meluncurkan buku kumpulan cerita pendek karya terbaik para anggotanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s