KOMPAS
Metropolitan
Kamis, 19 April 2007

Siswa SDN Gunungsindur Kini Tersenyum Lagi…

Siswa-siswi SDN Flamboyan di Gunungsindur, Kabupaten Bogor, kini bisa tersenyum kembali. Bangunan sekolah mereka yang sejak Juni 2006 hancur akibat diterjang angin puting beliung kini sudah tegak lagi. Berita tentang rusaknya Gedung SDN Flamboyan yang dimuat Kompas ternyata menarik perhatian PT PLN (Persero) Banten dan Jawa Barat. Manajer APJ Depok Hadi Suhana langsung mendatangi lokasi SDN di Gunungsindur.

Menurut Hadi Suhana yang menyerahkan SDN Flamboyan yang sudah direnovasi ke Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Endang Basuni, Rabu (18/4) pagi, kepedulian PT PLN ini karena SDN Gunungsindur masuk dalam wilayah PLN APJ Depok.

“Kualitas gedung sekolah ini cukup baik karena kami mengecek benar besteknya, tiangnya, dan sebagainya,” kata Hadi, yang menyampaikan terima kasih kepada pers yang menginformasikan kerusakan gedung SDN ini.
Tokoh masyarakat Gunungsindur, Achmad Sujana, mengatakan, di antara gedung sekolah di wilayah itu, kualitas bangunan SDN Flamboyan dianggap yang terbaik.

Kepala SDN Flamboyan Gunungsindur Sarijo menyampaikan terima kasih kepada Kompas yang sudah memberitakan kerusakan SDN itu sehingga mengundang perhatian pihak lain seperti PLN. “Terima kasih kepada Kompas, terima kasih kepada PLN,” kata Sarijo, yang disambung oleh guru-guru lainnya. Perbaikan SDN selama dua bulan itu menelan biaya Rp 95 juta, sudah termasuk penyediaan meja dan bangku belajar.

Endang Basuni mengatakan, saat ini 40 persen dari 1.546 gedung SDN di Kabupaten Bogor kondisinya memprihatinkan. Untuk renovasi semua SDN di Kabupaten Bogor itu, dibutuhkan dana sedikitnya Rp 300 miliar di luar APBD.

“Sungguh menyedihkan nasib dunia pendidikan di Kabupaten Bogor,” kata Basuni yang mengaku tak mampu mengatasi hal ini karena prosedur permintaan anggaran sangat panjang.
“Era otonomi daerah menyebabkan tanggung jawab pendidikan diserahkan ke kepala daerah. Sekolah rusak pun kini tanggung jawab daerah,” kata Endang yang mengungkapkan keterbatasan anggaran menyebabkan pemkab sulit membiayai perbaikan sekolah rusak.

Kini siswa-siswi SDN Flamboyan Gunungsindur bisa tersenyum lagi. “Saya bercita-cita menjadi guru,” kata Ina (7), siswi SDN itu. Ina ingin mengabdikan dirinya. Sungguh cita-cita mulia.
(R ADHI KUSUMAPUTRA)
Foto di blog ini foto anak-anak SDN Flamboyan Gunungsindur di Kabupaten Bogor yang kini bersuka ria setelah sekolah mereka direnovasi PT PLN Persero. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s