Ireng Maulana Manggung di Jajan Jazz BSD

KOMPAS CYBER MEDIA
Jumat, 06 April 2007 – 03:50 wib
Ireng Maulana Manggung di Jajan Jazz BSD
Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

TANGERANG, KOMPAS – Master jazz Indonesia Ireng Maulana ikut manggung di Jajan Jazz di Taman Jajan BSD, Tangerang, Banten, Kamis (5/4) malam. Ireng Maulana tampil bersama musisi senior lainnya, Jeffrey Tahalele, Abadi Soesman, Emand Saleh, Rudi Subekti dan Harjanto.
Kehadiran begawan jazz Indonesia dalam acara Jajan Jazz di BSD itu baru kali pertama. Ireng Maulana memuji Jajan Jazz sebagai wadah musisi jazz pemula, yang bisa bermain bersama musisi senior. “Bagus sekali,” kata Ireng. Dengan suasana sederhana di Taman Jajan, ternyata penggemar jazz datang dari berbagai wilayah.
“Saya kaget begitu tahu Jajan Jazz sangat memikat. Belum ada yang seperti Jajan Jazz. Grup musik yang main pun bagus-bagus,” kata Ireng yang berjanji setiap Kamis malam pekan pertama akan hadir dalam Jajan Jazz. Melihat bakat dan talenta kaum muda yang potensial, Ireng tidak risau dengan masa depan jazz Indonesia.
Jajan Jazz, Kamis malam kali ini lebih ramai daripada biasanya. “Mungkin Jumat hari libur sehingga penggemar jazz dari berbagai wilayah Jabodetabek hadir di sini,” kata penggagas Jajan Jazz, Yunus Arifin.
Penggemar jazz, M Hindarto, yang juga mantan Kepala Polda Metro Jaya, mengaku sengaja datang ke Jajan Jazz sampai nyasar dan keliling mencari lokasi Taman Jazz selama satu setengah jam. Meski demikian, Hindarto yang sudah membawa tongkat itu, memuji Jajan Jazz sebagai tempat pencari bakat.
“Banyak musisi jazz muda yang bagus-bagus tampil di Jajan Jazz,” kata pensiunan jenderal polisi bintang dua itu dalam percakapan dengan Kompas. Hindarto lalu membandingkan dengan bidang olahraga Indonesia yang mengalami kemunduran karena tak ada wadah seperti Jajan Jazz, pencari bakat dan talenta musisi jazz.
Grup jazz yang manggung di Jajan Jazz Kamis malam adalah Zinnia, Pro-Rejected, Pilot P, Bianglala Voices, Absteregio, Jazzmatic, selain musisi senior Abadi Soesman, Jeffrey Tahalele dan bintang tamu Ireng Maulana. “Ireng Maulana akan menjadikan Jajan Jazz sebagai tempat audisi musisi jazz yang akan tampil di Jakjazz November 2007. Setiap Kamis malam pekan pertama, Ireng Maulana akan terus hadir dalam Jajan Jazz,” kata Andre, pelaksana Jajan Jazz.
Ireng Maulana yang menyempatkan diri datang ke Jajan Jazz mengaku terkesan dengan suasana seperti ini. “Kami akan beri tempat khusus untuk Jajan Jazz dalam acara Jakjazz di Istora Senayan,” kata Ireng.

FOTO di blog ini foto salah satu grup baru, Zinnia saat tampil di Jajan Jazz BSD, wadah para musisi muda jazz Indonesia. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s