Ritz-Carlton Pamer Lukisan SP Hidayat dan Sulistyo


Pengantar

Hotel The Ritz-Carlton Jakarta menggelar pameran lukisan Sulistyo dan SP Hidayat selama dua bulan ke depan. (KSP)

KOMPAS CYBER MEDIA
Jumat, 30 Maret 2007 – 19:15 wib

Ritz-Carlton Pamer Lukisan SP Hidayat dan Sulistyo

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra
JAKARTA, KOMPAS–Hotel Ritz-Carlton Jakarta mulai hari Jumat (30/3) menggelar pameran lukisan karya SP Hidayat dan Sulistyo, pelukis terkenal di Indonesia. Pameran lukisan bertemakan “Art for Your Sight” menampilkan lebih dari 30 lukisan beraliran realis dan ekspresionis.
Pameran lukisan yang digelar di lower lobby level Hotel Ritz-Carlton Jakarta ini akan berlangsung hingga 31 Mei mendatang. Pameran yang dibuka oleh Direktur Kesenian Departemen Pariwisata dan Kebudayaan Surya Yuga, diselenggarakan oleh Linda Gallery yang berkantor di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.
Surya Yuga mengatakan dalam era globalisasi ini seniman Indonesia harus mampu menjadi yang terdepan, dan tidak boleh kalah dari seniman Asia lainnya. “Eksistensi SP Hidayat lebih dikenal di luar negeri dibandingkan di Indonesia. Sedangkan Sulistyo adalah the rising star, maestro pelukis masa depan Indonesia,” katanya.
Surya yang lulusan Seni Rupa ITB ini mengatakan ingin juga berpameran jika sudah pensiun empat tahun lagi karena sesungguhnya dia juga pelukis.
Pelukis SP Hidayat lahir di Jawa Barat tahun 1969 dengan darah seni yang kuat dan dukungan dari keluarganya. SP Hidayat sejak usia muda sudah aktif dalam berbagai kompetisi lukisan dan telah memenangkan sejumlah penghargaan antara lain sketsa terbaik, penghargaan untuk pelukis terbaik dalam kategori “water color painter” dari Divisi Seni, Institut Kesenian Yogyakarta (1986) dan “Best Oil Painting” dari lembaga yang sama (1991).
SP Hidayat, pelukis beraliran ekspresionis ini pernah meraih finalis “Best Artist” dari kompetisi seni Philip Morris, juga pernah menerima beasiswa Supersemar atas bakat melukisnya. Dalam pameran di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, SP Hidayat menampilkan 20 lukisannya. Sejumlah lukisan karyanya sudah dikoleksi beberapa kolektor seni nasional dan internasional, antara lain dari Jepang, AS, Simgapura, Australia, Jerman, Perancis, Argentina, Belanda dan banyak negara lainnya.
Pelukis Sulistyo, artis muda berbakat, lahir di Tulungagung, Jawa Timur. Sulistyo melukis sejak usia 8 tahun di Surakarta, Jawa Tengah, bersama pelukis terkenal, Lie Wat Swie, yang juga gurunya. Sulistyo mendapat penghargaan sebagai pelukis yunior terbaik dari lima kota berbeda di Jawa pada tahun 1985. Dia melanjutkan pendidikannya ke Institut Kesenian Jakarta. Sulistyo sudah menggelar lebih dari 45 pameran lukisan sejak tahun 1989 di berbagai kota di Indonesia.
Di Hotel Ritz-Carlton, 12 lukisan Sulistyo yang bergaya realis akan ditampilkan selama dua bulan mendatang.

FOTO di blog ini foto pelukis SP Hidayat yang lebih banyak melukis perempuan (atas) dan pelukis muda Sulistyo yang menampilkan chinese style dalam lukisannya. Foto oleh R Adhi Kusumaputra/KOMPAS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s