Endang Rukmana, "Sakit 1/2 Jiwa" Cetak Ulang Keempat

Pengantar

Novelis pop Endang Rukmana mendulang sukses setelah novelnya bertajuk “Sakit 1/2 Jiwa” cetak ulang keempat dalam delapan bulan. Contoh anak muda yang kreatif. (KSP)

KOMPAS CYBER MEDIA

Selasa, 06 Maret 2007 – 13:18 wib

Endang Rukmana, “Sakit 1/2 Jiwa” Cetak Ulang Keempat

DEPOK, KOMPAS–Penulis novel populer tentang dunia cowok, Endang Rukmana, mendulang sukses dari novelnya bertajuk “Sakit 1/2 Jiwa” yang sudah cetak ulang keempat dalam waktu delapan bulan.

Sakit 1/2 Jiwa” yang diterbitkan oleh Gagas Media Jakarta merupakan komedi petualangan seorang mahasiswa di Jakarta dengan setting di daerah Baduy dan Banten. Banyaknya pembaca suka dengan novel Endang antara lain karena isinya lebih pada komedi petualangan.

Endang Rukmana (23) mahasiwa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia angkatan 2004, sudah menulis lima novel, semuanya diterbitkan Gagas Media. Selain “Sakit 1/2 Jiwa”, empat novel lainnya adalah “Gotcha” (novel adaptasi dari film Indonesia), “Blackforest Blossom!” (komedi cinta), “Cium Aku Lagi, Please!” (candy romance) dan “Pahe Telecinta” (komedi cinta dari kisah sejati).

Endang Rukmana pernah meraih “Unicef Award for Indonesian Young Writers 2004″. Dia menganggap guru menulisnya adalah Gola Gong dan Toto ST Radik, dua penulis asal Banten.

Obsesinya adalah memiki kafe dan resto dengan sajian menu yang unik dan fasilitas hotspot dan desain tempat nongkrong yang oke. “Sehingga saya bisa menulis novel di kafe sendiri,” kata Endang Rukmana dalam acara “Talk Show Penulisan” bertema “Start Now or Never!” yang digelar Mahasiswa FISIP Universitas Indonesia, Selasa.

Dalam acara itu, selain Endang Rukmana, juga tampil sebagai pembicara adalah Olansons Girsang (pemenang Penulisan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS 2005 dan 2006) dan Adhi Kusumaputra (Kompas) dengan moderator Hasyim, mahasiswa FISIP UI. Acara ini bertujuan mengajak mahasiswa UI untuk aktif dan giat menulis.

FOTO di blog ini adalah Endang Rukmana, novelis pop yang sedang naik daun. Foto oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s