Pembunuhan Basoeki Abdullah: Tersangka Amd Diperiksa Psikolog

KOMPAS

Kamis, 18 Nov 1993
Halaman: 7
Penulis: KSP

Kasus Pembunuhan Basoeki Abdullah

TERSANGKA AMD DIPERIKSA PSIKOLOG

Jakarta, Kompas

Amd (23), tersangka pelaku pembunuh pelukis legendaris Basoeki Abdullah, Kamis ini (18/11) mulai diperiksa oleh tim psikolog Polda Metro Jaya. Pemeriksaan psikologi terhadap Amd dimaksudkan untuk mengetahui secara jelas latar belakang hidup Amd. Tersangka Amd setiap menjawab pertanyaan selalu lancar, tanpa beban dan seakan-akan tanpa rasa bersalah.

Kapolres Jaksel Letkol (Pol) Adang Rismanto dan Kasat Reserse Kapten (Pol) Basuki Haryono hari Rabu (16/11) mengatakan, pemeriksaan psikologi oleh tim dari Polda Metro Jaya ini untuk melengkapi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang telah dibuat.

Dibandingkan dengan tersangka lain pada umumnya, tingkah laku Amd memang agak lain. Setiap pertanyaan dijawab dengan suara lantang, lepas, tanpa beban. Dari pertemuan dan percakapan Kompas dengan tersangka Amd sebanyak lima kali, memang ada kesan, tersangka Amd sepertinya “tidak berperasaan”.

Hal ini diakui pula oleh Kasat Serse Kapten (Pol) Basuki Haryono. “Masak Nurlinda yang sering memberinya uang, masih juga dibunuhnya,” kata Haryono. Nurlinda, mahasiswi STIE Banda Aceh, anak majikan Amd, tewas dicekik tersangka tanggal 20 Desember 1989.

Biasanya seorang tersangka yang ditahan polisi, menyembunyikan diri dari perbuatannya. Tersangka biasanya takut menghadapi hukuman, keluarganya dan keluarga korban. “Tapi khusus Amd ini, tingkah lakunya berbeda. Mungkin ada sesuatu yang disembunyikannya,” kata Basuki Haryono.

Hasil Puslab Forensik

Sementara itu Penelitian Pusat Laboratorium Forensik Polri atas sejumlah barang bukti sudah rampung. Hasilnya antara lain, darah pada kacamata hitam milik almarhum Basoeki Abdullah sama dengan golongan darah korban, yaitu golongan darah O (golongan darah almarhum Basoeki Abdullah). Darah yang berada di senapan angin -yang dipakai untuk memukul korban- juga golongan darah O. Darah pada tubuh korban Basoeki dan darah yang tercecer di lantai kamar, positif golongan darah O.

Sedangkan darah pada celana jins biru yang dipakai tersangka Amd, positif golongan darah O (golongan darah Basoeki). Darah pada sapu tangan abu-abu yang ditemukan polisi di laci lemari di rumah Jl Langsat I No 28, Kebayoran Baru, Jaksel, positif golongan darah A (golongan darah Amd). Darah pada sapu tangan ini -sesuai pengakuan Amd kepada polisi- adalah darah jari tangannya yang terluka ketika kena jepit senapan angin, saat memukul kepala korban Basoeki Abdullah. (ksp)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s