Grup Bakrie Bangun "Kota dalam Kota" di Kawasan Rasuna

KOMPAS CYBER MEDIA
Jumat, 16 Februari 2007 – 16:12 wib

Grup Bakrie Bangun “Kota dalam Kota” di Kawasan Rasuna

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS – Grup usaha Bakrie saat ini sedang membangun kota dalam kota seluas 44 hektar di kawasan Epicentrum Rasuna, Jakarta Selatan. Di dalamnya ada hunian, komersial dan fasilitas kota.

“Semua komponen dalam Epicentrum Rasuna boleh dibilang spektakuler,” kata Presiden Direktur PT Bakrieland Development, Marudi Surachman dalam percakapan dengan Kompas, Jumat (16/2) sore.

“Ciri paling kuat dalam Epicentrum Rasuna adalah fasilitas komersial Epicentrum Walk (E-Walk) dan lifestyle center dengan konsep open center di mana pengunjung dapat menikmati suasana ruang luar. Juga ada pedestrian, taman kota, panggung terbuka, yang dilengkapi moda transportasi internal berupa trem,” kata Marudi.

Fasilitas kota lainnya adalah concert hall yang multifungsi dengan kapasitas 2.500 orang di dalam kompleks bangunan seluas 20.000 meter persegi. Concert hall ini dapat dimanfaatkan untuk pertunjukan orkestra, musik pop dan teater. “Concert hall diharapkan dapat memberi kontribusi sebagai gedung kesenian yang berkualitas tinggi,” kata Marudi.

Bakrie Tower

Yang juga spektakuler adalah Bakrie Tower dengan 50 lantai, dan akan menyaingi gedung Wisma BNI 46 di kawasan Sudirman. Dari 50.000 meter persegi luas Bakrie Tower, 80 persen di antaranya akan digunakan sebagai kantor pusat (headquarter) Grup Bakrie. Sisanya akan dijual sebagai strata office.

Secara keseluruhan, kawasan Epicentrum Rasuna akan membentuk kawasan superblok ideal di mana penghuni dapat bermukim, bekerja dan beraktivitas sosial di satu lokasi berdekatan. Luas superblok ini seluruhnya 44 hektar. Kawasan baru yang sedang dibangun seluas 12,5 hektar.

Grup Bakrie memulai pengembangan kawasan ini dengan membangun apartemen Taman Rasuna sejak tahun 1990-an. Saat ini penghuni apartemen Taman Rasuna 3.200 keluarga atau lebih dari 10.000 jiwa di 16 tower.
Apartemen baru yang akan dibangun di kawasan Epicentrum Rasuna adalah The Groove empat tower, seluas 80.000 meter persegi dengan 800 unit.

Menurut Marudi, komponen campuran (mixed use) ini lebh efisien dan lebih cocok untuk Jakarta yang mengalami keterbatasan sarana transportasi dan waktu.

“Diharapkan orang dapat menikmati waktu kegiatan personal lebih banyak daripada menghabiskan waktu di jalan akibat macet,” kata lulusan Arsitektur ITB Bandung tahun 1983 itu.

FOTO di blog ini rancangan desain Epicentrum Walk di kawasan superblok Epicentrum Rasuna, repro oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS

LINK TERKAIT http://www.bakrie-brothers.com/bb/index.php/content/view/4040/170/, http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=11800159

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s