Fortuner Jelajahi Bali

KOMPAS
Otomotif
Senin, 29 Agustus 2005

Fortuner Jelajahi Bali

Pagi yang cerah di kawasan Kuta, Bali. Deretan mobil baru Toyota Fortuner yang diparkir di halaman Hotel Hard Rock membuat turis asing dan tamu hotel menoleh dan bertanya-tanya ihwal mobil jenis sport utility vehicle itu.

Ya, Toyota Fortuner memang belum lama diluncurkan. Namun, sejak muncul dalam acara Gaikindo, Juli lalu, pemesan Fortuner hingga pertengahan Agustus sudah mencapai 3.200 unit. Padahal persediaannya hingga akhir tahun 2005 ini hanya 3.000 unit.

Besarnya minat penggemar otomotif terhadap Fortuner itu menjadikan mobil itu diprediksi akan mampu menyaingi dua kompetitornya, Honda CRV dan Nissan Xtrail, yang sudah lebih dulu berjaya di kelasnya.

Perjalanan dari Hotel Hard Rock menuju Pecatu merupakan perjalanan awal adventure Fortuner di Bali. Fortuner yang memiliki mesin yang sama dengan Kijang Innova 2.7 relatif nyaman. Bodi Fortuner lebih besar dan panjang, serta desain eksteriornya yang sporty dan elegan membuat Fortuner terlihat macho dan maskulin.

Perjalanan menjelajahi Pulau Dewata sepanjang hari Selasa, 23 Agustus, itu terasa tidak melelahkan meskipun medan yang dilalui beragam, terutama selepas makan siang di Restoran Bebek Bengil menuju Desa Wisata Penglipuran. Jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan dijelajahi oleh Toyota Fortuner dengan ringan.

Semua jenis Fortuner menggunakan persneling otomatik dengan 4 tingkat kecepatan. Kenyamanan mengendarai Fortuner makin terasa karena interiornya didesain elegan dan dilengkapi dengan beragam peranti modern. Dengan Steering Switch Control, pengendara menjadi lebih mudah mengontrol audio player dan multi information display (MID) hanya dengan sentuhan jari pada setir.

MID menampilkan beragam informasi kondisi kendaraan dengan cepat dan akurat, mulai dari jam digital, suhu udara di luar, kecepatan rata-rata yang ditempuh, jarak yang bisa ditempuh dengan bahan bakar tersedia, kondisi aktual pemakaian bahan bakar minyak, jarak yang ditempuh, hingga pedoman arah (kompas).

Pengaturan otomatis suhu udara di dalam mobil dan sistem audio (CD dan MP3) dengan enam speaker di semua sudut menjadikan perjalanan jarak jauh pun tidak terasa jauh. Speedometer-nya menggunakan Optitron yang menyala ketika kunci pada posisi on. Ini berfungsi memudahkan pengendara tidak lelah.

Fortuner dengan 4 silinder dan kapasitas 2.7 Liter (2.694 cc) ini dijual dengan harga antara Rp 295 juta (G/4×2), Rp 307 juta (G lux/4×2), dan Rp 315 juta (V/4×4) dengan pilihan enam warna.

Fortuner memiliki tenaga maksimum 158 PK pada 5.200 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 3.800 rpm. Ini membuat kendaraan bermesin bensin 2.7 Liter dan berteknologi variable valve timing with intelligent (VVT-I) memiliki performa yang tangguh. Ini penting bagi kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) seperti Fortuner.

Soal keamanan, Fortuner memiliki Anti-Lock Brake System (ABS). Rem depan cakramnya menggunakan double piston. Juga memiliki high mount stop lamp, dan back sonar. Khusus back sonar, pengendara akan lebih mudah memarkirkan kendaraan berbodi besar ini tanpa waswas karena mobil ini akan bersuara jika ada kendaraan berjarak 0 m sampai 150 cm di belakangnya.

Kapasitasnya yang di atas 2.500 cc membuat harga Fortuner relatif mahal karena terkena pajak barang mewah 40 persen. Namun, dengan jumlah pemesanan yang di luar dugaan dan melebihi persediaan tahun ini, Fortuner tampaknya bisa menjadi salah satu andalan Toyota di kelas SUV.

Tak terasa perjalanan dari Desa Wisata Penglipuran kembali ke Hotel Hard Rock di kawasan Kuta, Bali, sudah selesai. Wisatawan yang akan menikmati matahari terbenam di pantai kembali menolehkan kepala, mengagumi Fortuner, yang menobatkan diri sebagai Urban SUV. (ROBERT ADHI KUSUMAPUTRA)

FOTO di blog ini oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS, dibuat saat test drive Fortuner di Bali, yang ketika itu baru diluncurkan kali pertama.

LINK TERKAIT

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s