Globalisasi Profesi Perawat, UPH Gandeng Universitas Melbourne

KOMPAS CYBER MEDIA

Sabtu, 03 Februari 2007 – 11:57 wib

Globalisasi Profesi Perawat, UPH Gandeng Universitas Melbourne

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

TANGERANG, KOMPAS–Universitas Pelita Harapan yang berlokasi di kawasan Lippo Karawaci Tangerang, menggandeng University of Melbourne Australia dan Siloam Hospitals Group untuk mengembangkan profesionalisme perawat dalam era globalisasi.

Humas Grup Lippo Jeanny Wulur Sabtu (3/2) mengungkapkan, kolaborasi School of Nursing UPH yang didukung Siloam Hospitals Group dengan Faculty of Medicine, Dentisry and Health Sciences, University of Melbourne Australia dalam bidang kurikulum studi keperawatan dimulai awal Februari 2007 ini.

University of Melbourne saat ini salah satu perguruan tinggi papan atas di Australia. Ranking yang dibuat Times Higher Education Supplement yang terbaru disebutkan fakultas itu berada di peringkat 7 kategori perguruan tinggi biomedis di dunia.

School of Nursing UPH dengan dukungan Siloam Hospitals Group saat ini penyedia layanan kesehatan terkemuka sektor swasta di Indonesia. School of Nursing UPH diharapkan menjadi standar pendidikan berkualitas untuk menjawab kebutuhan para perawat profesional.

Rektor UPH Jonathan L Parapak mengatakan tantangan yang dihadapi profesi perawat saat ini adalah rendahnya pengakuan dari publik internasional terhadap kemampuan perawat, terutama dari negara-negara Asia, yang belum memiliki sumber daya memadai.

Ini merupakan tantangan bagi Indonesia untuk menyediakan pendidikan berkualitas berstandar internasional. Pelatihan klinis langsung dari rumah sakit dapat menambah kemampuan dan pengalaman siswa keperawatan terhadap teknologi medis yang baru.

“Untuk menghasilkan perawat-perawat berkualitas dan memiliki jiwa kepemimpinan, dibutuhkan kerja sama antara pemerintah dan sektor pendidikan dan kesehatan. Kolaborasi UPH dan Siloam Hospitals Group dengan University of Melbourne diharapkan dapat menyediakan jasa medis sesuai kualifikasi internasional dan pada gilirannya memberi kontribusi bagi globalisasi,” demikian Jonathan Parapak.

Kepala Sekolah Keperawatan University of Melbourne Prof Sanchia Aranda menegaskan sudah saatnya studi keperawatan di Indonesia meningkatkan keprofesionalismeannya.

Bertambahnya jumlah penduduk, meningkatnya permintaan jasa dalam bidang medis, menyebabkan perlunya mengkaji kembali persiapan dan pengembangan kinerja perawat dan peran mereka dalam jasa kesehatan. Sulitnya mengembangkan karir keperawatan menyebabkan jumlah pekerja di bidang ini makin berkurang.

Sanchia Aranda berpendapat sudah saatnya pendidikan keperawatan lebih memfokuskan pada kinerja perawat di masa datang agar mampu menjawab kebutuhan tenaga perawat profesional, yang pada gilirannya meningkatkan pelayanan kesehatan.

Globalisasi profesi perawat
Associate Dean Faculty of Medicine Dentistry and Health Sciences, University of Melbourne, Prof Lesieyanne Hawthorne memaparkan risetnya yang mengungkapkan dalam dua dekade terakhir ini telah terjadi persaingan global dalam kebutuhan perawat berkualitas.

Negara-negara Barat seperti Australia, Kanada, dan Inggris punya karakteristik yang didasarkan populasi yang berkembang dan tenaga kerja profesional dengan bidang kedokteran dan keperawatan sebagai servis esensial dalam hidup.

Negara Timur Tengah dan Afrika mengembangkan tingkat ketergantungan tinggi terhadap tenaga medis asing. Amerika Serikat mempresentasikan impor perawat dalam jangka panjang untuk menangani isu kemiskinan dan kekurangan.

Prof Hawthorne mengatakan saat ini perawat muncul sebagai salah satu profesi dinamis, dengan Asia sebagai sumber utamanya. Berdasarkan riset ini, Hwathorne menyimpulkan perkembangan dan kompetisi global berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan perawat berpengalaman, memiliki kompetensi internasional, didukung kemampuan berbahasa yang baik.
LOGO Universitas Pelita Harapan diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pelita_Harapan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s