Rendra 71 Tahun, Masih Gagah dan Sehat

KOMPAS CYBER MEDIA
Selasa, 07 November 2006 – 19:08 wib

Rendra 71 Tahun, Masih Gagah dan Sehat

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

DEPOK, KOMPAS–Budayawan WS Rendra Selasa (7/11) sore merayakan hari jadinya ke-71 di kediamannya di Cipayung, Kota Depok. Banyak tokoh nasional yang hadir di rumah panggungnya yang masih asri dengan pepohonan hijau. Amien Rais, Adnan Buyung Nasution, Wiranto, Eep Saefulloh Fatah, Hariman Siregar, dan puluhan lainnya.

Amien Rais menyebut Rendra, penyair yang memiliki latar belakang ilmu antropologi dan sosiologi. “Dan yang terpenting, meski usianya di atas 70 tahun, Rendra masih gagah dan sehat,” kata Amien yang mengenal Rendra sejak tahun 1970-an di kampus UGM Yogyakarta.

Menurut Amien, pada suatu hari, Rendra datang berceramah di kampus UGM. “Ternyata Rendra bukan hanya pandai bersajak, tapi juga melakukan telaahan sosiologi dan antropologi. Karena itu, hingga kini, belum ada penyair yang dapat menyamai Rendra. Dia membaca banyak buku,” kata mantan Ketua MPR itu.

Mantan Pangab Jenderal Purn Wiranto mengaku memang pada masa lalu, dia sering berbeda pendapat dengan Rendra. Namun saat usia sama-sama senja, ada kesamaan pendapat, bahwa negeri ini butuh perbaikan dan penyempurnaan. “Kami sama-sama prihatin terhadap penentu kebijakan negeri ini,” kata Wiranto.

Rendra, Si Burung Merak, memang tampak masih segar, gagah dan sehat. “Kehidupan spritualitas saya masih kurang. Pada usia 71 tahun ini, saya ingin kehidupan spritualitas saya makin matang dan ada perbaikan mutu hidup. Mudah-mudahan, saya dapat mewujudkan ini pada usia saya sekarang,” kata Rendra lagi.

Anggota Bengkel Teater Rendra menyanyikan lagu untuk Si Burung Merak itu. Perayaan ulang tahun yang sederhana untuk penyair WS Rendra. Selamat ulang tahun!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s