Gaya Hidup: "Alfresco Dining", Makan di Alam Terbuka…

KOMPAS
Metropolitan
Sabtu, 06 Januari 2007

Gaya Hidup

“Alfresco Dining”, Makan di Alam Terbuka…

R Adhi Kusumaputra

Makan di alam terbuka kini menjadi salah satu gaya hidup metropolitan. Makan malam romantis ditemani cahaya lilin di meja makan maupun cahaya bulan di langit bersama pasangan menjadi salah satu pilihan.

Suasana alfresco dining, istilah populer untuk makan di alam terbuka, dapat ditemukan di Benton Junction di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang. Dikelilingi apartemen, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel berbintang, Benton Junction menjadi salah satu tempat makan populer, terutama bagi mereka yang menyukai makan di alam terbuka.

Di Jakarta, saat ini agak sulit menciptakan tempat seperti Benton Junction karena persoalan keamanan dan polusi udara. Namun, ada Cafe Pisa di Menteng, yang sebagian meja dan kursi ada di luar, di alam terbuka dan pepohonan rindang.

Memang, jumlah resto dalam suasana alfresco dining di Jakarta bisa dihitung dengan jari. Ada restoran di sejumlah gedung tinggi, seperti Cilantro di Wisma BNI 46 Jakarta, di mana pengunjung dapat menikmati panorama Jakarta dari ketinggian. Namun, toh itu tetap bukan di alam terbuka.

Angin sepoi-sepoi
“Suasana romantis, makan ditemani lilin, musik dan angin sepoi-sepoi, memberi suasana yang berbeda,” kata konseptor Benton Junction, Gordon Benton, dalam percakapan dengan Kompas, belum lama ini.

Kalau dulu makan di restoran dengan mesin pendingin menjadi pilihan, sekarang ada tren orang suka makan di alam terbuka. Benton Junction sendiri punya pangsa pasar mahasiswa Universitas Pelita Harapan yang jumlahnya hampir 10.000 orang, selain puluhan ribu warga Lippo Karawaci dan sekitarnya.

Coffee Bean termasuk brand name yang ada di kawasan Benton Junction. Tempat makan komunitas Korea, India, Jepang, China/oriental hingga aneka masakan Jawa dapat ditemukan di sini. Buka sejak pagi hingga tengah malam, resto di Benton Junction dikunjungi mahasiswa dan warga sekitar.

Pohon-pohon rindang, lampu yang benderang, membuat Benton Junction makin asyik dikunjungi. Mahasiswa yang tinggal di apartemen tinggal datang, menyeberang dengan pakaian santai. Mereka menyeruput kopi Coffee Bean dan menikmati hidangan ringan sambil bercakap-cakap.

Mungkin suasana seperti ini sudah ada sejak dulu, di kampung-kampung, orang ngopi sambil mengobrol santai. Namun, di Benton Junction ada suasana lebih berkelas, serasa berada di resto-resto tepi jalan di Paris, Perancis.

Di Bellanova Country Mall, Sentul, Bogor, konsep makan di alam terbuka dikembangkan mengingat suasana alam yang memungkinkan. “Tak ada ruangan AC yang tertutup karena di sini suasana sudah sejuk,” kata General Manager Marketing Felix Hasamin.

Mal milik Grup Lippo yang menggaet pangsa pasar warga Cibinong hingga Ciawi, Bogor, ini berlokasi di tepi Jalan Tol Jagorawi Km 36, keluar tol Sentul Selatan. “Tahun ini suasana alfresco dining di Bellanova dapat dinikmati setelah musim hujan berakhir,” kata Jeanny Wulur, Humas Grup Lippo.

Suasana makan, minum, atau kongko di alam terbuka juga dapat ditemukan di halaman Cafe Olala dan Barra di Cafe di Margo City Depok. “Kalau tidak hujan, banyak orang yang menikmati suasana alfresco dining,” kata Rina Nurlina, Humas Margo City Depok.

Eropa, Singapura
Suasana semacam ini sebenarnya terlihat di hampir semua kota di Eropa. Cal Pinxo di Barcelona, Spanyol, misalnya, resto seafood dengan panorama marina tepi laut. Selene di Santorini, Yunani, tempat makan dengan suasana pegunungan. Atau bayangkan Anda makan makanan laut di La Terrazza di Danieli Hotel di Venezia, Italia, dekat Lapangan San Marco sambil menyeruput jus segar.

Singapura sejak lama memperkenalkan suasana makan di alam terbuka. Town Restaurant di Fullerton Square, kita dapat menikmati barbeque dengan panorama Sungai Singapura. Al Dente di Raffles Avenue menghidangkan makanan Italia dengan latar belakang Marina Bay dan gedung-gedung jangkung Singapura dari kejauhan.

Menikmati makan dalam suasana romantis dengan pasangan di alam terbuka di bawah terang bulan. Duh, asyiknya….
FOTO di blog ini suasana “aflresco dining” di Benton Junction, Lippo Karawaci, Tangerang, Banten, oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s