"Car Theatre" Sudah Dilengkapi GPS dan Bluetooth

KOMPAS

Audio Visual

Selasa, 10 Oktober 2006

“Car Theatre” Sudah Dilengkapi GPS dan Bluetooth

R. Adhi Kusumaputra

Teknologi car theatre saat ini makin canggih. Selain sudah berteknologi layar sentuh untuk membuka fitur, car theatre kini dilengkapi dengan fasilitas global positioning system atau GPS untuk menentukan posisi dan fasilitas koneksi nirkabel dengan Bluetooth.

GPS merupakan teknologi yang membantu penunjuk arah, memberi tahu pengendara jalan alternatif tercepat yang dapat ditempuh ketika kondisi jalan macet. GPS dipasang pada car theatre dan tidak perlu berlangganan, tetapi alat itu harus dibeli.Layanan GPS dengan Solo System ini baru menjangkau Jawa dan Bali. Kelak bila daerah lain sudah bergabung, pengendara tak perlu membeli alat baru, cukup meng-upgrade peranti lunaknya saja.

Pengamat high-tech audio, Indrajaya, menyebutkan, sebetulnya TV Pioneer buatan Jepang juga memiliki fasilitas GPS, tapi persoalannya peta tak dapat dibuka. Sementara dalam produk Avix buatan Korea, produsen berani menginvestasi sehingga peta GPS dapat dimanfaatkan pengendara di Jawa dan Bali.Yang menarik, GPS ini dalam kondisi real-time berhubungan dengan satelit.

Cara penggunaannya mudah. Pengendara tinggal menekan menu dengan touch screen, memulai perjalanan dari awal dan tujuan akhir ke mana.Di negara seperti Jepang sudah memiliki pusat informasi lalu lintas yang bisa mendeteksi melalui kamera dan sensor lain di setiap perempatan jalan. Dengan demikian, kemacetan dapat dideteksi dengan cepat dan secara otomatis pengemudi akan ditunjukkan jalan yang tidak macet. Untuk kondisi seperti di Indonesia, apabila ditemukan jalan kondisi macet, pengendara harus mengulang proses awalnya.

Bluetooth

Pada car theatre yang diproduksi perusahaan Korea dengan merek Avix bahkan sudah dilengkapi dengan fasilitas komunikasi Bluetooth. Melalui teknologi ini, pengendara dapat membuka phonebook pada telepon seluler yang memiliki fasilitas Bluetooth.

Caranya, hanya menyentuh layar TV mobil untuk melakukan koneksi dengan ponsel. Jika sudah terjadi koneksi, pengendara dapat menekan nomor telepon yang akan dipanggil atau melihat nomor panggilan terakhir, panggilan yang diterima dan panggilan yang tak terjawab.

Jika panggilan sudah terhubung, pengendara tinggal berbicara, tanpa harus memegang ponsel ataupun menggunakan earphone sehingga tidak mengganggu konsentrasi mengemudi.Jika, misalnya, saat menonton film dari DVD ada telepon masuk, film akan berhenti sejenak, memberi kesempatan pengendara berbicara dengan penelepon. Sambil memegang kemudi, pengendara tetap dapat berbicara dan konsentrasi mengemudi tidak hilang.

Sebenarnya fasilitas Bluetooth sudah ada di mobil-mobil built- up, seperti New Camry. Namun, car theatre—yang dijual di pasaran buatan Korea ini—untuk saat ini yang paling lengkap fiturnya. Bahkan, kata Indrajaya, produk Jepang malah tidak selengkap Avix. Dapat dikatakan, car theatre Avix teknologi audio yang paling lengkap.Dari sisi harga, produk Korea ini lebih murah separuhnya daripada produk Jepang.

Dengan harga Rp 7,8 juta, bandingkan dengan harga produk Jepang yang dua kali lipatnya—produk Korea ini boleh dikatakan terdepan di kelasnya.Kelebihan lain dari produk ini, car theatre memiliki fasilitas SD card, yang dapat membaca format MP3 dan format JPEG.

Ini berarti pengendara dapat mendengarkan ratusan bahkan ribuan lagu tanpa henti di tengah kemacetan lalu lintas Jakarta, atau perjalanan jauh tanpa perlu lagi menggunakan sebuah CD changer. Juga dapat terkoneksi dengan iPod, selain melihat foto-foto berformat JPEG dari layar TV mobil ini.

Mudah digunakan

Produk ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu dapat beroperasi dalam dua zona. Artinya, layar LCD di depan digunakan untuk menonton tayangan DVD atau VCD, sedangkan layar di belakang dapat digunakan untuk bermain game atau menyaksikan saluran TV dengan suara terpisah.Denny Setiawan, distributor car theatre di salah satu pameran, menyebutkan, penggunaan car theatre ini sangat user friendly, mudah dan tidak njlimet.

Dengan LCD yang memiliki layar bening, pengendara dan penumpangnya dapat menyaksikan film dengan warna yang lembut. Car theatre ini dapat membaca CD yang menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih.Amplifier dalam sistem ini sudah built-in dengan lima speaker. Memang akan lebih baik jika pemilik mobil menambah dengan amplifier dan sub-woofer di dalam kendaraannya.

Sementara teknologi suara masih mendukung dolby digital surround.Menurut Denny dan Indrajaya, dengan harga di bawah Rp 10 juta, produk canggih ini adalah yang terlengkap dan terdepan di kelasnya saat ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s