Tahun 2007, GPS Banyak Ditemukan Pada Produk High-End

KOMPAS CYBER MEDIA

Kamis, 30 November 2006 – 19:32 wib

Tahun 2007, GPS Banyak Ditemukan Pada Produk High-End

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

AMSTERDAM, KOMPAS–Teknologi Global Positioning System (GPS) akan banyak ditemukan pada produk Nokia, terutama pada produk high-end pada tahun 2007. Ini berbarengan dengan diluncurkannya Nokia N95 yang “built-in” GPS.

Hal ini disampaikan Vice President Nokia Nseries Do New Multimedia, Dr Ralph Eric Kunz dalam wawancara khusus dengan tiga wartawan Indonesia termasuk wartawan Kompas dalam rangkaian acara Nokia World 2006 di RAI Congress Center, Amsterdam, Belanda, Kamis (30/11).

Menurut Eric Kunz, ada dua global provider GPS yaitu TeleAtlas dan NavTech. “Siapa yang akan mengerjakan proyek GPS di Indonesia, itu tergantung Nokia Indonesia,” kata Eric. Dia mengusahakan bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, untuk memudahkan pengguna Nokia di Indonesia.

Sementara itu General Manager Nokia Indonesia Hasan Aula yang ditanya terpisah mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut kehadiran produk N95 yang “built-in” GPS. Namun Hasan belum dapat memastikan siapa provider GPS yang akan mengoperasikan di Indonesia karena masih didiskusikan.

Hasan juga belum bisa memprediksi apakah teknologi GPS akan “booming” di Indonesia karena pengguna harus dilatih dulu. “Teknologi GPS bukan yang pertama karena ini sudah diaplikasikan di banyak negara terutama di Eropa dan sudah memberikan keuntungan. Kita tunggu saja apakah teknologi GPS pada produk Nokia high-end mendapat tanggapan positif,” kata Hasan.

Managing Director PT In Touch Intergra Solusindo, Kendro Hendra secara terpisah mengatakan pihaknya siap mengantisipasi datangnya teknologi GPS. “Fokusnya pada location base, misalnya mencari restoran, SPBU, ATM. Selain itu juga lebih banyak berhubungan dengan komunitas. Misalnya ngumpul di mana. Semacam itulah,” kata Kendro.

Iklan

One response to “Tahun 2007, GPS Banyak Ditemukan Pada Produk High-End

  1. Nice blog!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s