KOMPAS CYBER MEDIA
Selasa, 30 Januari 2007 – 11:23 wib


Prof Yohanes Surya PhD:
Indonesia Harus Rebut Juara Dunia Olimpiade Fisika di China

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

TANGERANG, KOMPAS- Indonesia harus merebut gelar juara dunia Olimpiade Fisika di China tahun 2007 ini. “Kita sudah bisa menjadi juara dunia di Singapura. Tapi kalau Indonesia bisa mengalahkan China di China, itu akan lebih baik,” kata Ketua Yayasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) Prof Yohanes Surya PhD, Selasa (30/1).

Menurut Yohanes, saat ini 16 siswa sedang mengikuti pelatihan. “Semua all-out, dan kita harus mempertahankan gelar juara dunia Olimpiade Fisika di China April mendatang,” katanya usai penandatanganan perjanjian kerja sama pengembangan TOFI Center di BSD City di Damai Indah Golf BSD.

Yohanes bercerita 13 tahun silam, dia pulang ke Indonesia, dia bermimpi suatu hari kelak Indonesia bisa menjadi juara dunia. “Tapi waktu itu saya ditertawakan karena banyak yang beranggapan tidak mungkin Indonesia juara dunia Olimpiade Fisika,” katanya.

Tahun 1999, Indonesia berada di urutan terakhir dari 70 negara. Tapi tahun 2006, Indonesia merebut juara pertama. “Saya ingin anak-anak Indonesia belajar fisika secara asyik, mudah dan menyenangkan. Saya ingin mengubah anggapan fisika pelajaran menyeramkan. Bahkan ada yang mendengar kata fisika saja, sudah mau muntah,” ujarnya.

Melalui TOFI Center yang akan dibangun di BSD awal Februari 2007, Yohanes Surya merasa impiannya agar pada tahun 2020 salah satu anak Indonesia meraih Nobel Fisika sudah dekat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s