KOMPAS CYBER MEDIA
Selasa, 30 Januari 2007 – 11:03 wib

Pusat Pendidikan Ilmu Fisika Dibangun di BSD

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

TANGERANG KOMPAS–Yayasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) yang telah membawa Indonesia juara dunia Olimpiade Fisika tahun 2006 bekerja sama dengan Eka Tjipta Foundation (ETF) dan PT BSD mendirikan TOFI Center atau Pusat Pendidikan Ilmu Fisika di lahan seluas 5.800 meter persegi di kawasan BSD City, Tangerang, Banten.

Penandatanganan naskah kerjasama pembangunan TOFI Center ini dilakukan Ketua Yayasan TOFI Profesor Yohanes Surya PhD, Ketua Umum ETF G. Sulistyanto, dan Wakil Presiden Direktur PT BSD Suryatma Wiraatmaja di Damai Indah Golf BSD.

Prof Yohanes Surya mengatakan, dengan kehadiran TOFI Center di BSD City diharapkan akan semakin banyak siswa Indonesia yang dapat mendalami ilmu fisika secara asyik, mudah dan menyenangkan. “Saya targetkan pada tahun 2020 akan ada orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan Nobel Fisika,” katanya.

Pemilihan BSD City sebagai lokasi TOFI Center didasarkan pada pertimbangan yang penting. Selain lokasinya strategis, BSD City memiliki sekolah dan lingkungan berkualitas. Kehadiran TOFI Center di BSD City diharapkan membawa angin segar bagi sekolah-sekolah yang sudah ada di BSD City.

TOFI Center di BSD City akan dirancang sebagai “landmark” baik seara arsitektural maupun teknologi sehingga dapat mendorong pengembangan komunitas pencinta sains. Lokasinya di dekat Taman Tekno BSD.
Terwujudnya mimpi ini diawali sejak Tim Olimpiade Fisika Indonesia mulai berlomba dalam Olimpiade Fisika Internasional setiap tahun sejak tahun 1993, meraih medali emas pertama kali tahun 1999, dan rutin setiap tahun meraih medali emas sejak tahun 2002, sampai akhirnya menjadikan Indonesia juara dunia pada tahun 2006.

Ketua ETF Gandi Sulistyanto mengatakan, PT BSD tidak menghitung secara komersial. “Kalau komersial, tanah hampir 7.000 meter persegi itu sudah puluhan miliar,” katanya.

Gagasan Prof Yohanes Surya didukung karena membuat sumber daya manusia IIndonesia unggul. Visi dan misi Prof Yohanes Surya PhD dalam pendidikan, khususnya dalam ilmu sains fisika, sejalan dengan ETF yang memfokuskan sustainability dalam pembangunan SDM di Tanah Air,” kata Sulistyanto.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s