Grup Bakrie Bangun "Strata Hotel" di Kuta Bali

KOMPAS CYBER MEDIA

Jumat, 16 Februari 2007 – 15:02 wib

Grup Bakrie Bangun “Strata Hotel” di Kuta Bali

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS – Grup Bakrie membangun “strata hotel” bernama The Legian Nirwana Suites di kawasan pantai Kuta, Bali. Proyek baru Grup Bakrie ini mulai dikerjakan November 2006 di atas lahan 2,3 hektar dan diproyeksikan rampung Juli 2008. Rencananya, konsep baru pengembangan hotel ini akan dapat digunakan Desember 2008.

Presiden Direktur PT Bakrieland Development Tbk, Marudi Surachman dalam percakapan dengan Kompas, Jumat (16/2) petang mengungkapkan, proyek “strata hotel” merupakan konsep baru dalam pengembanan hotel. Konsep ini memberi kesempatan kepada investor pribadi maupun korporasi untuk membeli unit hotel dan dijadikan investasi.

Menurut Marudi, di Indonesia, konsep “strata hotel” yang dibangun Grup Bakrie merupakan yang pertama. “Selama ini yang kita kenal adalah condotel atau condominium hotel, seperti Novotel Bali dan Aston Rasuna Jakarta. “Tapi strata hotel berbeda. Bahwa dalam strata hotel, pemilik tidak bertujuan menempati unit hotel dalam jangka panjawang tapi menyewakan kembali kepada operator,” jelas Marudi.

“Sebagai kompensasi, pemilik mendpat keuntungan dari jaminan pendapatan tahunan yang saat ini enam persen dalam dollar AS. Selain itu, pemilik juga dapat menikmati fasilitas hotel selama 21 hari per tahun. Juga keuntungan dari peningkatan nilai properti jika dijual kembali. Sebagai perbandingan, kalau kita punya nilai deposito Rp 4 miliar di bank, dari pendapatan bunga deposito saja bisa membeli satu unit strata hotel ini,” jelas Marudi Surachman yang sudah 10 tahun bergabung di Grup Bakrie.

Menurut Marudi, dengan model pengembangan seperti ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan fasilitas yang mendukung kegiatan industri pariwisata di Indonesia. Untuk membangun satu hotel dibutuhkan dana sedikitnya Rp 330 miliar. “Tapi dengan cara ini, dana sebanyak itu bisa ditunjang oleh 300 investor bersama-sama,” katanya.

Marudi menambahkan Grup Bakrie akan menerapkan konsep baru ini di daerah tujuan wisata lainnya yang belum memiliki fasilitas hotel. “Siapa saja boleh ikut serta memiliki hotel. Kalau pembangunan hotel dibiayai bersama-sama, akan lebih cepat. Karena sumber pendanaan proyek dapat dikumpulkan bersama-sama,” katanya.

300 kamar
Strata hotel yang dibangun Grup Bakrie yang dinamakan The Legian Nirwana Suite ini akan memiliki 300 kamar dengan fasilitas shopping arcade, restoran, music lounge, ruang rapat, business center, spa, dan sunset pool deck (kolam renang di lantai dua, di mana pengunjung dapat menikmati sunset langsung dari hotel).Harga satu unit strata hotel ini antara Rp 750 juta (53 meter persegi) dan Rp 3 miliar (179 meter persegi).

The Legian Nirwana Suite dibangun oleh kontraktor Hutama Karya, dengan arsitek Armas Asri, landscape Belt Collins International, interior design HirschBedner & Associates.

FOTO di blog ini desain The Legian Nirwana Suite di Pantai Kuta Bali, repro oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s