Benteng Coklat Terbesar di Margo City

KOMPAS CYBER MEDIA

Jumat, 09 Februari 2007 – 17:49 wib

Benteng Coklat Terbesar di Margo City

Laporan Wartawan Kompas R Adhi Kusumaputra

DEPOK, KOMPAS–Benteng cokelat terbesar yang terbuat dari 400 kilogram cokelat, saat ini dipajang di atrium utama pusat perbelanjaan dan gaya hidup, Margo City Depok selama bulan Februari 2007. Benteng yang dibuat dan didesain Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) itu memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia).

Pengesahan rekor Muri atas benteng cokelat terbesar itu dilaksanakan hari Jumat (9/2) sore, menandai dibukanya Pameran Sweet Festival yang digelar pada 9-25 Februari. Acara ini digagas PT Nusantara Jayasemesta, event organizer yang mengajak sponsor PT Ares Kusuma Raya,.produsen cokelat masak dari Belgia Chef Mate, dan pengelola Margo City Depok.

Jauhar Arifin, Ketua Program Studi Manajemen Pattiserie STPB yang memimpin pembuatan itu mengatakan, benteng cokelat itu dikerjakan selama lima hari dan melibatkan 20 mahasiswa STPB yang terdiri dari 17 perempuan dan tiga laki-laki.

“Benteng cokelat ini menghabiskan 400 kilogram cokelat ’compound’, yang sudah mendapat tambahan lemak dan suhunya disesuaikan dengan suhu di negara Asia yang tahan hingga suhu 30 derajat Celcius,” ungkap Jauhar.
Benteng cokelat itu sepanjang 8,15 meter dengan lebar 3,7 meter dan tinggi 4,85 meter. Benteng cokelat ini memiliki nomor rekor Muri 2352.

Selain benteng cokelat, STPB juga membuat taman cokelat seluas 6 m x 9 m di kawasan Margo Zone yang menghabiskan 130 kg cokelat. Taman itu dihiasi taburan pasir dari cokelat mesis dan kolam cokelat. Juga ada rumah bernuansa china dan pohon palem dari cokelat. Ada juga gapura yang menghabiskan 50 kg cokelat, tepat di pintu masuk “Semua cokelat Chef Mate dari Belgia ini disediakan sponsor,” kata Jauhar.

Simbol Valentine dan Imlek
“Benteng mewakili simbol Tahun Baru Chima atau Imlek, sedangkan cokelat simbol Hari Valentine. Ini pas dengan tema Margo City bulan Februari yaitu ’Love and Prosperity’,” kata Lusia Priladitha, Event and Exhibition Margo City Depok.

“Tepat pada Hari Valentine 14 Februari, akan digelar pembagian cokelat untuk pengunjung Margo City yang datang berpasangan. Sedangkan tepat Tahun Baru Imlek 18 Februari akan digelar atraksi barongsai oleh grup barongsai juara dunia dari Krekot Jakata Barat, dan pertunjukan wushu,” kata Lusia.

Mulai Sabtu (10/2) akan dibuka kesempatan menebak jumlah coklat di dalam mobil Suzuki Swift. Di dalam mobil itu akan penuh cokelat dan pengunjung diminta menebak jumlahnya. “Hadiah bagi pengunjung yang tepat menebak jumlah cokelat, voucher belanja di Margo City senilai Rp 2 juta,” jelas Lusia.

Tebak cokelat berlaku hingga 24 Februari. Pengumuman pemenang dilakukan 25 Februari.


FOTO di blog ini oleh Robert Adhi Kusumaputra/KOMPAS

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s